Yuk Kita Mengenal Wilayah Aceh Timur


Umum / Friday, January 10th, 2020

Aceh timur adalah salah satu wilayah yang terdapat di Provinsi Aceh yang menjadi satu kesatuan wilayah Kabupaten Aceh Timur. Kabupaten Aceh Timur memiliki motto Udep Sare Mate Sjahid, sama seperti motto kabupaten Aceh Utara.

Kabupaten Aceh Timur ini merupakan sebuah kabupaten yang disebut dengan wilayah markas. Maksudnya, adalah adanya Gerakan Aceh Merdeka di mana pada masa itu belum didirikan darurat militer yang berlaku sejak tahun 2003. Menurut sejarahnya, sebelum berlakunya Darurat militer ini dulunya wilayah ini menjadi wilayah hitam, terutama Peureulak.

1. Sekilas tentang Aceh Timur

Aceh Timur adalah sebuah kawasan kabupaten yang memiliki luas hingga 6.040,60 Km², di mana wilayah kabupaten Aceh Timur ini memiliki 24 kecamatan. Dengan 1 kelurahan dan 513 desa yang ada.

2. Batas Wilahah Kabupaten Aceh Timur

Wilayah Aceh timur merupakan salah satu kabupaten yang mendiami wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Aceh Utara pada bagian utaranya, pada bagian timurnya berbatasan langsung dengan Selat Malaka, sementara untuk bagian selatan berbatasan dengan Kota Langsa, kabupaten Gayo  Kabupaten Aceh Tamiang. Untuk bagian baratnya berbatasan dengan Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Tengah serta Kabupaten Bener Meriah.

3. Geografis

Kondisi Geografis Aceh Timur ini masuk ke kaeasan Geografis di mana terdiri dari perbukitan, dataran rendah, dengan sebagian terdapat berbagai rawa dan hutan mangrove. Dataran Aceh Timur ini berada pada ketigan antara 0-308 meter di atas permukaan laut. Untuk keadaan topografinya, terbagi atas 4 kelas, di mana adanya 0-2%, 2-25%, 5-40% dan >40%. Komoditasnya sendiri, kabupaten Aceh Timur memiliki komoditas utama di bidang pertanian dan Jasa. Dalam sektor pertaniannya sendiri, memiliki sub komoditi perkebunan di bidang kakao, kelapa sawit, karet, serta kelapa. Sedangkan untuk sub komoditi pertanian lebih mengunggulkan ubi kayu dan jagung.

Itulah sedikit informasi mengenai Aceh Timur. Semoga dengan adanya sedikit pengetahuan ini mampu menambah pengetahuanmu menjadi semakin meluas terutama di bidang ilmu pengetahuan alam, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *