Wifi Gratisan Vs Kuota Pribadi


Umum / Wednesday, January 1st, 2020

Di era yang serba modern seperti sekarang ini kita tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone dan juga jaringan internet. Kedua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Selain itu kedua hal tersebut juga menjadi satu kesatuan yang berguna untuk mempermudah kegiatan dan gaya hidup manusia.

Dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet maka kita menggunakannya untuk berbagai hal seperti mengakses media online dan media sosial Hack fb online dan juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan bermain game online. Oleh sebab itu tidak heran apabila sekarang ini manusia sangat bergantung pada smartphone dan jaringan internet.

Perlu diketahui bahwa jaringan internet sendiri bisa didapatkan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan data seluler atau menggunakan bantuan hotspot dari jaringan wifi. Tentunya meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama tetapi kedua hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat berbeda. Oleh sebab itu sebagai pengguna jaringan internet maka kamu harus mengetahui perbedaan antara wifi dan jaringan internet.

pexels.com

Mengenal Wifi Gratisan Dan Juga Paket Data

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai wifi dan data seluler atau paket data maka harus di bahas dengan lebih serius. Oleh sebab itu berikut ini akan kita bahas satu satu mengenai apa itu wifi gratisan dan juga data seluler.

  1. Data seluler

Yang akan di bahas pertama yaitu mengenai data seluler atau kuota pribadi. Perlu diketahui bahwa kuota pribadi atau data seluler ini merupakan koneksi langsung antara perangkat smartphone dengan operator seluler yang bertugas sebagai penyedia layanan internet. Di setiap smartphone sudah secara otomatis terhubung dengan sistem pengalamatan IP address yang langsung terdaftar pada jaringan publik.

Orang yang menggunakan smartphone tidak akan membutuhkan perangkat tambahanĀ  apapun untuk bisa terkoneksi pada jaringan data seluler karena sudah terkoneksi secara otomatis. Untuk bisa terhubung ke data seluler yang dibutuhkan hanyalah perangkat smartphone yang dapat menangkap sinyal GSM atau 3G. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh data seluler adalah ketersediaan koneksi yang selalu ada.

 

Tetapi meskipun begitu salah satu kelemahan yang dimiliki oleh data seluler adalah biaya yang harus dikeluarkan. Karena ketika ingin menggunakan jaringan internet melalui data seluler maka kita harus memiliki paket data. Sedangkan jika dilihat dari hari ke hari harga paket data terus mengalamii peningkatan.

  1. Wifi gratisan

Wifi gratisan merupakan sebuah jaringan yang bisa di sambungkan ke smartphone. Dengan menggunakan jaringan wifi gratisan maka smartphone tetap bisa terhubung ke jaringan internet meskipun tidak menggunakan paket data. Penggunaan wifi gratis ini biasanya di gunakan oleh para pemilik warung kopi tetapi sekarang ini juga sudah banyak dijumpai rumah warga yang memasang wifi di dalam rumah.

Tentunya penggunaan wifi gratisan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan yang dimiliki oleh wifi gratisan ini adalah kamu akan mendapatkan koneksi yang stabil. Untuk masalah kecepatan jaringan tergantung dari berapa kuat frekuensi jaringan yang digunakan pada wifi tersebut. Selain itu dengan menggunakan wifi gratisan tentunya kamu akan lebih hemat.

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri adalah wifi gratisan memiliki sistemĀ  keamanan yang sangat lemah. Sehingga ketika kamu mengakses data atau yang lainnya menggunakan wifi gratisan maka akan ada kemungkinan data atau smartphone kamu akan terkena virus atau di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

pexels.com

Antara Wifi Gratisan Dan Kuota Pribadi Mana Yang Lebih Baik?

Jika ditanya mengenai lebih memilih mana antara menggunakan wifi gratisan atau data seluler tentunya harus di lihat dari berbagai sudut pandang. Karena seerti yang kita tahu bahwa kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Oleh sebab itu ketika kamu di suruh memilih untuk menggunakan wifi gratisan atau data seluler maka kamu harus pandai dalama menempatkan diri. Apakah kamu orang yang memiliki banyak uang atau kamu orang yang serba pas-pasan.

Untuk memudahkan antara memilih wifi gratisan atau data seluler maka berikut ini adalah beberapa perbedaan antara wifi gratisan dan data seluler.

  1. Pada umumnya frekuensi jaringan yang digunakan oleh data seluler berkisar antara 900 MHz sampai 2200 MHz. Sedangkan pada jaringan wifi frekuensi jaringannya yaitu 2400 MHz tetapi untuk wifi gratisan biasanya frekuensi jaringannya sangat terbatas sehingga membuat akses internet menjadi lebih lemot.
  2. Ketika menggunakan data seluler maka dapat dipastikan bahwa jangkauannya lebih luas karena bisa digunakan dimana saja asalkan ada sinyal. Sedangkan ketika menggunakan wifi gratisan jangkauannya hanya kecil dan pastinya membuat kamu menjadi tidak leluasa.
  3. Penggunaan data seluler merupakan pemakaian yang secara langsung tercatat ke provider sedangkan penggunaan jaringan wifi gratisan tidak akan mempenngaruhi kuota internet pada paket data yang kamu gunakan.
  4. Dengan menggunakan data seluler maka smartphone tidak membutuhkan perangkat lain untuk melakukan akses internet. Sedangkan ketika menggunakan wifi maka smartphone membutuhkan perangkat acces point agar bisa digunakan.

Itu tadi beberapa perbedaan antara data seluler dan juga wifi gratisan. Tentunya jika dilihat dari segi ekonomi penggunaan wifi gratisan jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan data seluler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *