Tempat Wisata Semarang Gratis


wisata / Wednesday, November 27th, 2019

Mau traveling yang hemat budget tapi tetap seru? Sangat bisa! Traveling tidak selalu menghabiskan banyak uang dan jalan-jalan ke tempat mahal, kok. Anda tetap bisa berwisata dan menyegarkan pikiran ke tempat-tempat wisata tanpa mengeluarkan budget besar, bahkan gratis. Tidak percaya? Kami akan memberikan informasinya untuk Anda.

Bukan hanya Bandung atau Jogjakarta yang memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Anda yang sedang liburan ke Semarang, jangan lupa sempatkan mampir ke beberapa tempat wisata asik yang tetap bikin liburan Anda jadi hamat budget. Semarang yang dikenal dengan julukan Kota Atlas ini punya segudang tempat wisata Semarang gratis,lho. Di mana saja? Mari cari tahu di sini!

Kawasan Kota Lama Semarang

Tidak hanya Jakarta yang memiliki kota tua, hampir semua kota di Indonesia, termasuk juga Semarang memilikinya. Sama seperti Kota Tua Jakarta, Kota Lama Semarang dibuka untuk umum sebagai tempat wisata yang menarik. Di tempat ini, Anda bisa melihat bangunan-bangunan lama bergaya Belanda yang masih gagah berdiri.

Kawasan Kota Lama Semarang sudah berdiri sejak abad ke-17, namun bangunan dan jalannya masih dirawat dengan baik. Anda yang gemar fotografi atau berswafoto, bisa menjadikannya sebagai objek menarik atau latar foto. Di sini juga bisa menjadi tempat ngobrol santai yang asik sambil menikmati terbenamnya matahari.

pexels.com

Taman Srigunting

Masih di sekitar kawasan Kota Lama Semarang, taman ini tepatnya beralamat di Kota Lama Semarang, Jalan Letjen Suprapto, Kota Semarang. Dibangun pada akhir 1970 hingga awal 1980-an, taman ini belum bisa diakses untuk umum. Pada zaman kolonial, dulunya tempat ini sering digunakan sebagai panggung parade atau tempat pertunjukkan untuk masyarakat belanda.

Mulai tahun 2004, tempat ini dialihfungsikan menjadi ruang terbuka umum yang bisa dinikmati masyarakat luas. Suasananya sangat nyaman dengan pepohonan rindang mengelilinginya. Anda bisa duduk-duduk di taman ini dengan menikmati berbagai jenis jajanan khas Kota Semarang, seperti wingko babat, pisang planet, hingga lumpia Semarang.

Kawasan Simpang Lima

Siapa yang tidak tahu Kawasan Simpang Lima Semarang? Bahkan, mereka yang belum pernah menyambangi Semarang saja tahu tempat wisata yang satu ini. Kawasan Simpang Lima adalah salah satu landmark Kota Semarang yang sebetulnya bukan merupakan objek wisata utama. Namun, karena lapangan ini memang terletak di jantung kota Semarang, rasanya tidak afdol jika tidak mampir.

Kawasan Simpang Lima ini terletak di simpang Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah berwisata kuliner, menyewa mobil gowes dengan lampu warna-warni, berjalan kaki, bersepeda, hingga sekadar duduk-duduk sambil menikmati suasana malam ataupun sore.

Jalan Pahlawan

Terletak di sekitar kawasan Simpang Lima Semarang, Jalan Pahlawan biasa dijadikan tujuan para wisatawan maupun warga lokal untuk mencari kuliner. Sebab, di sepanjang jalan ini ada banyak sekali aneka jajanan kaki lima.

pexels.com

Monument Tugu Muda

Siapa yang tidak tahu monument populer milik Kota Semarang ini? Tugu Muda ini tempat nongkrongnya anak muda maupun banyak para wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Kawasan ini juga merupakan ikon kota Semarang yang sering kali menjadi tempat bagi para fotografer yang ingin mengabadikan bangunan Lawang Sewu.

Taman Tabanas Bukit Gombel

Ingin menikmati suasana Kota Semarang dari atas? Pergilah ke Taman Tabanas Bukit Gombel. Apalagi kalau datang di malam hari, Anda akan bisa menikmati kelap-kelip lampu-lampu indah Kota Semarang. Selain malam hari, biasanya tempat ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan di pagi dan sore hari, karena pemandangan sunset daan sunrise-nya yang luar biasa indah.

Vihara Buddhayagaya Watugong

Di Semarang, Anda juga bisa berwisata religi, tanpa budget. Datanglah ke Vihara Buddhayagaya Watuagung yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Semarang. Di sini, Anda bisa menikmati indahnya arsitektur dua bangunan terkenal, Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala. Tapi ingat, karena masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha, tetap jaga kesopanan ya!

pexels.com

Kompleks Pecinan

Semarang juga punya daerah Pecinan. Warga lokal lebih sering menyebut kawasan ini, Gang Baru. Gang Baru Pecinan menyajikan pemandangan dan suasana khas tionghoa yang begitu kental di tengah-tengah kota Smearang. Seperti kawasan pecinan lainnya, di sini terdapat beberapa klenteng tua yang masing-masing memiliki nilai historisnya sendiri.

Anda yang berlibur bersama keluarga dan kerabat lainnya bisa mengunjungi tempat wisata Semarang gratis ini dengan mudah. Bisa menggunakan transportasi pribadi maupun sewa bus bersama. Untuk daftar harga sewa bus Semarang bisa dilihat di banyak situs penyedia sewa bus ke Semarang. Biasanya harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *