Kenali Cara Melihat Spesifikasi Laptop


Pendidikan / Sunday, January 26th, 2020

Melakukan pengecekan maupun melihat spesifikasi computer merupakan salah satu hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun cara ini sebenarnya merupakan cara yang mudah, hanya saja banyak orang yang bahkan jarang melakukannya. Sehingga banyak dari mereka yang tidak mengerti dengan spesifikasi dari laptop bahkan computer yang mereka miliki.

Selama Anda ingin mengetahui spesifikasi dari laptop maupun computer yang Anda miliki memang bukan hal wajib yang harus Anda lakukan. Hanya saja tentu tidak akan ada salahnya apabila Anda juga mengetahuinya. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai referensi bahkan keuntungan seperti menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada pada laptop yang Anda miliki.

Selain itu, biasanya banyak orang yang jual laptop bekas. Sehingga Anda pun wajib untuk memahami bagaimana spesifikasi yang ada di dalamnya.

Pentingnya Kenali Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Kemudian bisa menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada pada laptop Anda untuk menjalankan sejumlah software maupun bermain game. Apabila nantinya Anda ingin mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasi laptop, maka simaklah berikut ini caranya:

pxhere.com
  • Menggunakan Setting App Pengaturan Aplikasi

Apabila Anda ingin mendapatkan sebuah gambaran umum terhadap konfigurasi system laptop yang Anda miliki, aplikasi pengaturan ini dapat menyediakan beberapa informasi tentang perangkat keras serta perangkat lunak yang Anda miliki. Untuk melihat spesifikasi dasar dengan beberapa hal berikut ini:

  • Membuka menu settings.
  • Klik menu system.
  • Klik menu about.

Di halaman ini nantinya Anda akan menemukan sejumlah informasi seputar operasi Windows berapa yang di install pada laptop yang Anda miliki. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan informasi tentang prosessor yang digunakan, kemudian kapasitas RAM sampai dengan besaran dari hard drive.

  • Menggunakan Informasi Sistem

Informasi system ini bukanlah sebuah alat baru yang ada di Windows. Hanya saja salah satu cara paling mudah bahkan terbaik yang bisa Anda pergunakan untuk melihat dari spesifikasi dari system lengkap dari laptop yang Anda miliki. Sedangkan untuk membuka informasi system, maka lakukan hal berikut ini:

  • Membuka start menu.
  • Anda mengetikkan msinfo32 maupun system information.
  • Kemudian menekan tombol enter.

Hardware apapun yang ada pada computer Anda ini kemungkinan besar bisa Anda temukan di Informasi System. Ketika nantinya Anda akan membuka informasi system, maka Anda bisa melihat ringkasan system yang mencakup informasi baik model system, jenis system, prosessor, informasi BIOS serta tanggal pembaruan firmware terakhir sampai dengan ukuran memori yang dipasang.

pxhere.com

Hanya saja, informasi tentang kartu grafis tidak tersedia pada ringkasan system. Akan tetapi, jika hal ini adalah hal yang ingin Anda ketahui, Anda bisa dengan cepat untuk melihat informasi ini dengan melakukan expand pada komponen-komponennya kemudian klik view. Untuk melakukan generate laporan system dari laptop yang Anda miliki, maka lakukan hal berikut ini:

  • Membuka system informasi.
  • Kemudian pilihlah informasi spesifikasi apa saja yang Anda butuhkan. Sebagai salah satu contohnya jika Anda akan memilih system summary, maka Anda pun juga akan diberikan sebuah informasi secara detal tentang summary laptop Anda. Kemudian klik file.
  • Kemudian klik export.
  • Kemudian cari lokasi di mana Anda akan menyimpan file tersebut.
  • Lalu, berikan nama pada laporan serta klik save setelah menyelesaikannya.
  • Menggunakan Command Prompt

Anda juga bisa menggunakan systeminfo.exe yang merupakan salah satu perintah CMD yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak informasi tentang spesifikasi laptop yang Anda miliki. Bahkan juga akan memberikan informasi pada Anda kapan system operasi ini dipasang pada laptop Anda. Nah, untuk melihat system informasi tersebut, maka Anda bisa melakukan hal ini:

  • Membuka start, kemudian mengetikkan command prompt yang ada di kotak pencarian.
  • Kemudian klik kanan, dan pilih lagi run as administrator.
  • Ketikkan perintah di bawah ini kemudian pilih lagi enter system info.
  • Menggunakan Software CPU-Z
pxhere.com

Selain menggunakan fitur bawaan dari Windows, Anda juga bisa menggunakan sejumlah software yang telah disediakan oleh pihak ketiga yaitu CPU-Z. Bahkan software ini juga akan membantu dalam memberikan tampilan berupa informasi spesifikasi yang lengkap dengan proses instalasi yang cukup mudah. Beberapa langkahnya adalah:

  • Sebelumnya, Anda bisa download terlebih dahulu software CPU-Z di beberapa situs seperti CPUID.com, kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan menginstallnya.
  • Setelah instalasi yang dilakukan sudah berhasil, Anda bisa membuka software tersebut dan melihat secara detail spek dari laptop Anda.

Jadi, itulah sebagian cara melihat spesifikasi laptop yang bisa Anda ketahui. Bahkan apabila Anda tidak memiliki banyak uang dan ingin memiliki laptop, maka Anda sudah bisa memahami beberapa spesifikasinya.

Termasuk juga ketika Anda akan membeli laptop pada sejumlah toko jual laptop bekas. Tentunya selama Anda mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasinya, maka Anda pun tidak akan salah dalam menentukan jenis laptop yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *