5 Jenis Sarapan Untuk Diet


Kesehatan / Wednesday, May 13th, 2020

Lupakan donat atau makanan berat lainnya di pagi hari. Memulai hari dengan memakan sarapan sehat dapat membantu seseorang mempertahankan energi serta menangkis serangan kelaparan. Sarapan terbukti mampu membuat seseorang lebih fokus dalam menjalankan aktivitasnya dan meningkatkan semangat seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sehingga membiasakan sarapan pagi dengan porsi sehat sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup.

Sarapan dapat menurunkan berat badan

Selain yang sudah disebutkan this website, sarapan juga mampu digunakan untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan pagi secara teratur cenderung lebih ramping. Orang-orang juga terbukti lebih berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankan kondisi tersebut dengan mereka rutin sarapan. Terlebih lagi, orang yang makan sarapan biasanya mendapatkan lebih banyak nutrisi penting seperti serat dan vitamin.

Sarapan yang sehat harus seimbang dengan memberikan campuran protein, karbohidrat kompleks, serat dan lemak sehat untuk membuat perut kenyang dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak semua jenis makanan sarapan bisa digunakan untuk diet. Jenis makanan yang dipakai untuk sarapan adalah makanan rendah lemak yang tidak terlalu berat untuk dicerna tubuh.

Jenis-Jenis Sarapan untuk diet

Sarapan untuk diet bisa menggunakan buah-buahan alami maupun makanan olahan seperti roti. Namun tetap dengan kombinasi yang seimbang. Berikut adalah pilihan makanan dalam this website yang baik untuk sarapan.

  1. Raspberry

Secangkir raspberry menghasilkan 8 gram serat. Penelitian terbaru dalam Journal of Nutrition menyarankan makan lebih banyak serat sebagai cara untuk mencegah kenaikan berat badan atau bahkan mendorong penurunan berat badan. Cara tersebut bisa diterapkan ketika seseorang melakukan sarapan pagi. Selama studi dua tahun, para peneliti menemukan bahwa meningkatkan serat sebesar 8 gram untuk setiap 1.000 kalori menghasilkan sekitar 4 ½ pon penurunan berat badan.

pexels.com
  1. Oatmeal

Oatmeal dapat membantu menurunkan berat badan dengan dua cara. Pertama, ini dikemas dengan serat dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Kedua, sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa makanan sarapan yang dibuat dengan karbohidrat seperti oatmeal atau sereal bekatul sekitar 3 jam sebelum berolahraga sehingga dapat membantu membakar lebih banyak lemak. Prosesnya makan karbohidrat pada oatmeal tidak meningkatkan gula darah setinggi makan karbohidrat olahan seperti roti isi. Pada proses kimianya, kadar insulin tidak melonjak setinggi. Karena insulin berperan dalam memberi sinyal tubuh untuk menyimpan lemak sehingga memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dapat membantu membakar lemak.

  1. Yogurt

Sebuah laporan studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine dari Harvard mengungkapkan bahwa diantara jenis makanan yang berkorelasi dengan perubahan berat badan adalah yogurt. Alasan yogurt termasuk dalam kategori ini adalah kandungan protein di dalam yogurt dapat memberi keunggulan tambahan jika ingin menjadi lebih ramping.

Protein adalah salah satu kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan diproses secara alami oleh tubuh namun membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana. Ketika orang minum minuman protein whey, mereka kehilangan sekitar 4 pound lebih dan mengalami pengurangan diameter sekitar satu inci lebih dari pinggang mereka selama 6 bulan. Selain itu, mereka akan merasa kurang lapar daripada orang yang diberi shake karbohidrat.

Penelitian lain pada tikus menemukan bahwa ketika tikus diberi protein whey tambahan, berat badannya bertambah dan lemaknya lebih sedikit, serta lebih banyak otot tanpa lemak bahkan ketika kalorinya sama. Protein whey ditemukan secara alami dalam yogurt dan produk susu lainnya. Lebih baik lagi untuk melakukan pemilihan makanan hemat kalori dan gula yang tidak dibutuhkan tubuh dengan memilih yogurt tawar. Jika merasa kurang nyaman untuk dinikmati, bisa ditambahkan buah segar sebagai perasa manis.

  1. Selai kacang

Kacang juga di antara 5 makanan teratas yang dipromosikan untuk penurunan berat badan menurut Harvard. Hal tersebut sangat mungkin karena selai kacang dan semua kacang-kacangan sampai mentega kacang memberikan dosis lemak sehat, serat, dan protein yang baik. Semua nutrisi yang terkandung memuaskan. Kacang dan mentega kacang padat kalori yaitu 2 sendok makan selai kacang memiliki hanya di bawah 200 kalori, 7 gram protein dan 2 gram serat sehingga mereka juga padat nutrisi dan membantu melengkapi sarapan yang sempurna.

pexels.com
  1. Telur

Satu telur besar mengandung 6 gram protein dan 70 kalori. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein membuat   puas lebih lama. Ditambah lagi dalam satu penelitian, orang yang makan telur untuk sarapan merasa lebih kenyang lebih lama dan kehilangan lebih dari dua kali lipat berat badan daripada mereka yang mendapat jumlah kalori yang sama dari bagel untuk sarapan. Dan walaupun hanya makan putih telur akan membantu   menghemat kalori sehingga juga akan kehilangan setengah protein (sekitar 3 gram dalam kuning telur) yang membantu menjadikan telur sebagai pembangkit tenaga listrik tubuh untuk sarapan. Selain itu, kelebihan kuning telur adalah kaya akan nutrisi sehat seperti kalsium dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan imunitas tubuh read more.

Kuning telur merupakan sumber kolesterol diet yang signifikan. Tetapi kolesterol makanan bukan lagi penjahat kesehatan jantung. Para peneliti menyetujui bahwa bagi kebanyakan orang makan satu telur setiap hari akan baik-baik saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *