Situs Islambl.com Alquran Online Terbaik


Islam / Thursday, November 7th, 2019

Membaca Al-Quran baik dalam bentuk kitab ataupun dalam bentuk lain merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam. Sebagai umat yang meyakini bahwa Rasulullah Muhammad SAW adalah utusan yang membawa agama Allah ke bumi maka umat Islam tidak memiliki pilihan lain selain dari mengikuti semua yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Di dalam salah satu potongan ayat dalam surat Al-Muzzammil dapat diambil sebuah makna bahwa seseorang harus membaca Al-Quran dan mereka juga diperintahkan untuk membacanya secara perlahan-lahan. Tidak hanya sampai di sini saja dalam surah Al-Ankabut diperjelas lagi bahwa Rasulullah SAW diperintahkan untuk membaca apa yang telah diwahyukan kepadanya. Walaupun perintah ini diberikan pada Rasulullah SAW sebagai pengikutnya perintah tersebut juga berlaku untuk umat Islam.

Dasar dalil ini menunjukkan bahwa semua umat Islam yang meyakini bahwa membaca Al-Quran itu tidak diwajibkan telah berada dalam kesalahan. Semua Umat Islam juga harus mengenal Al-Quran. Mereka setidaknya harus mengetahui dan menghapal Ummul Quran yaitu Al-Fathihah. Surah ini termasuk bagian yang penting di dalam Al-Quran karena tidak hanya dianggap sebagai pembuka yang paling tepat untuk Al-Quran surah ini juga selalu digunakan untuk semua kegiatan ibadah Shalat sebagai bagian dari rukun shalat. Dalil di atas juga menunjukkan betapa pentingnya mengenal Al-Quran dan mengetahui cara untuk membacanya dengan benar agar tidak melenceng dari apa yang telah diajarkan.

pixabay.com

Alquran Online Hasil Penggunaan Teknologi yang Bermafaat

Pada masa kini dengan menggunakan teknologi smartphone yang saat ini sedang merajalela banyak orang yang ingin mendapatkan tabungan pahala melalui pembuatan aplikasi atau situs gratis untuk Al-Quran. Situs gratis ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan sangat membantu untuk orang-orang yang ingin mempelajari Al-Quran dengan cara yang benar. Menggunakan situs ini juga sangat mudah. Situs ini berisi seluruh surah di dalam Al-Quran lengkap dengan tulisan al quran arab dan latin. Tulisan di situs ini sangat jelas dan cukup besar dengan jarak yang cukup antara masing-masing baris memudahkan orang untuk membacanya. Membaca Al-Quran dengan cara ini mungkin saja akan mendatangkan pengalaman yang berbeda dan sedikit perbaikan pada cara baca serta pemahaman pembaca.

Al-Quran diturunkan ke muka bumi melalui Rasulullah SAW. Semua hal yang ada di dalamnya esensial untuk semua bagian kehidupan manusia tidak heran manusia diperintahkan untuk membaca Al-Quran. Kerumitan bahasa yang digunakan di dalamnya juga istimewa. Kesalahan dalam mengeluarkan suara, dengung atau bahkan tanda baca dapat mengubah makna dari kitab suci ini. Di dalamnya terdapat seluruh jenis kebijakan dan pilihan tindakan yang harus ditempuh oleh manusia pada berbagai kondisi. Cara baca dengan bahasa latin sangat membantu untuk menyempurnakan cara membaca Al-Quran. Bagi orang yang memiliki kesulitan untuk mengingat cara membaca Al-Quran dengan baik atau mendapatkan kebiasaan untuk membaca kata tertentu dengan cara yang salah dapat dikoreksi dengan tulisan bahasa latin ini.

pixabay.com

Versi Browser Al-Quran Digital

Versi halaman Al-Quran ketika di tampilkan di dalam browser smartphone juga tidak kalah menarik. Tulisan memang menjadi lebih kecil tapi tetap memiliki dinamika dan mekanisme yang baik sehingga mudah untuk dibaca. Beserta ayat dan bacaan dengan tulisan latin akan terdapat makna dari ayat tersebut. Situs ini cocok untuk digunakan oleh berbagai jenis orang baik umat muslim yang ingin meraup pahala dengan membaca Al-Quran atau profesional yang bekerja dengan hal seputar Al-Quran seperti pengajar atau peneliti tafsir Al-Quran.

Walaupun demikian pembuatan Al-Quran digital ini tidak dilengkapi dengan tafsir. Untuk memahami sebuah ayat seorang ahli tafsir akan dibutuhkan. Ini sangat penting karena ayat Al-Quran terkadang memiliki makna yang terlalu rumit sehingga harus dijabarkan dengan detil dan teliti. Bagi orang yang menemukan sebuah kejanggalan dalam makna ayat dari Al-Quran ini dianjurkan untuk merujuk pada tafsir yang masyhur dan melakukan perbandingan antara beberapa tafsir akan tidak terjadi kesalahan pemaknaan.

pixabay.com

Pembuat Al-Quran digital di situs ini juga tidak lupa menekankan dan membuka peluang bagi orang-orang yang menemukan kesalahan dalam penulisan dan penafsiran di dalam situs ini untuk ikut berpartisipasi dan membangun situs untuk tujuan mendapatkan pahala dan ridha Allah. Semua orang bebas memiliki pendapat mengenai apa yang mereka anggap benar dan situs ini akan dengan cepat menyesuaikan penulisan sesuai dengan dalil dan penjelasan yang mereka temukan. Keterbukaan ini juga menunjukkan itikad baik dari pembuat situs dan kesadaran bahwa mereka tidak akan luput dari kesalahan dan kekhilafan.

Memiliki Al-Quran yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun akan mempermudah seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ini adalah tujuan hidup dari seorang muslim. Membaca Al-Quran dengan baik dan benar adalah sebuah kebanggaan bagi setiap muslim. Al-Quran di dalam situs ini memiliki audio. Ketika seseorang merasa tidak yakin dengan cara baca audio dapat digunakan untuk menghasilkan konfirmasi. Audio yang digunakan memiliki suara yang jernih dan jelas sehingga lebih mudah untuk disimak dan dipahami. Semua hal ini ditujukan untuk memastikan semua pengguna situs ini mendapatkan manfaat dalam menggunakan Al-Quran buatan mereka dan bisa menggunakan media ini sebagai alat menuju perkembangan yang lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *