Tips dan Resep Rendang Sapi Gurih Nan Empuk


Kuliner / Monday, February 3rd, 2020

Resep rendang sapi di bawah ini harus Anda coba untuk memasak rendang yang gurih dan empuk. Siapa sih yang tidak suka rendang sapi? Kecuali Anda seorang vegetarian, pasti menggandrungi olahan daging sapi yang populer ini.

Untuk memasak redang sapi yang gurih, empuk dan tidak alot bukanlah perkara mudah. Kabar baiknya, Anda bisa menyerap tips dan resep di bawah ini tentang bagaimana cara membuat rendang sapi yang gurih dan empuk. Yuk langsung saja disimak ulasannya di bawah ini.

Tips dan Resep Rendang Sapi Gurih Nan Empuk

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah 1 kilo daging sapi, 3 butir kelapa untuk diambil santannya yang kental maupun encer. Kemudian 3 lembar daun jeruk, 3 batang serai yang dimemarkan, 4 butir ayam kandis, 100 ml minyak goreng dan 5 gram garam.

Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat 1 kilo daging sapi yang gurih dan empuk di antaranya 60 gram bawang merah, 50 gram bawang putih dan 250 gram cabe. Siapkan juga 100 gram lengkuas, 50 gram kemiri dan  gram cengkeh. Pastikan tidak ada bahan-bahan yang tertinggal karena memang tidak ada gantinya.

pexels.com

Setelah bahan-bahan siap, langkah pertama untuk membuat rendang sapi khas Padang yang empuk adalah menghaluskan bumbunya. Haluskan semua bumbu mulai dari cabe, bawang putih, bawang merah, garam, kemiri dan lainnya, bisa dengan diblender atau diulek secara manual.

Jika bumbu sudah halus dengan sempurna maka Anda bisa menumisnya di wajan dengan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu rendang sapi hingga muncul aroma harum, jangan lupa dengan api sedang agar tidak gosong. Setelah itu masukkan batang serai, daun jeruk, asam kandis dan garam ke dalam tumisan dan aduk hingga tercampur seluruhnya.

Setelah itu Anda bisa memasukkan santan dari 3 butir kelapa tadi, masak hingga santan mendidih. Jika sudah mendidih selanjutnya bisa memasukkan daging. Sebaiknya Anda memasak dengan api kecil selama beberapa jam hingga daging empuk dan bumbu meresap sepenuhnya ke dalam daging.

Oya, Anda juga bisa menambahkan kentang atau kacang merah ke dalam rendang sapi. Jika ingin menambahkan kacang merah, sebaiknya direbus selama semalam penuh sehari sebelumnya. Rebus setengah matang lalu tambahkan terakhir ketika memasak rendang.

pexels.com

Resep Rendang Sapi Khas Jawa

Jika dibandingkan dengan rendang sapi khas Minang, rendang sapi khas Jawa lebih berbeda. Perbedaannya adalah rendang sapi khas Jawa lebih basah dan berkuah, tidak kering seperti rendang sapi khas Minang. Selain itu rendang sapi khas Jawa terasa lebih manis pada bumbunya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang sapi khas Jawa di antaranya adalah 300 gram daging sapi, santan kental 1 liter dan santan ecer 2 liter. Siapkan juga 5 lbr daun salam, daun kunyit 2 lbr, 3 sdm gula merah, 5 cm lengkuas, 3 batang serai, gula, garam dan minyak goreng dan air secukupnya.

Untuk bumbunya, Anda bisa menyiapkan 15 bawang merah, 8 siung bawang putih, 200 gram cabai merah dan 100 gram cabai kering. Selain itu siapkan juga 2 butir kemiri, 2 cm kunyit, 2 cm jahe, ½ merica halus dan 1 sdm ketumbar halus.

Setelah bahan dan bumbu siap, Anda harus mencuci daging sapi hingga bersih. Untuk menghilangkan amis bisa menggunakan perasan jeruk nipis, dan untuk membuat daging lebih empuk bisa direndam dalam air dicampur daun pepaya.

Setelah daging sapi dicuci, kemudian haluskan daftar bumbu-bumbu rendang khas Jawa, bisa diulek atau diblender. Siapkan wajan dengan sedikit minyak goreng lalu masukkan bumbu tadi ditambah dengan irisan bawang merah. Tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma yang harum dengan api sedang.

pexels.com

Setelahnya Anda bisa memasukkan santan bersamaan dengan daun salam, kunyit dan batang serai. Aduk hingga bumbu merata dengan santan dan biarkan mendidih sampai berminyak. Setelah mendidih Anda bisa memasukkan daging sapi dan aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging kemudian tambahkan garam, gula merah dan gula pasir dan aduk lagi hingga merata.

Setelahnya Anda bisa menambahkan santan encer, aduk lalu diamkan hingga daging benar-benar empuk. Setelah matang Anda bisa menyajikan rendang sapi khas Jawa yang sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

Demikianlah ulasan tentang tips dan resep rendang daging sapi yang gurih nan empuk. Anda bisa mencobanya karena caranya sangat mudah sekali. Jika Anda tertarik dengan info tentang resep-resep dan hal bermanfaat terlengkap lainnya, maka Anda bisa langsung saja mengunjungi site terpercaya tipsberbagi.com.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *