Produk-produk dengan Bahan Dasar Kayu


Industri / Monday, February 3rd, 2020

Di sekitar kita ada banyak sekali produk-produk dengan bahan dasar kayu yang biasa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Pemilihan bahan dasar kayu memang sanagt cocok bagi Anda yang suka sekali konsep furnitur antik nan unik. Selain itu, serat-serat yang dihasilkan kayu juga mampu membuat ruangan semakin terasa lebih “hidup”. Karenanya, banyak yang memilih produk berbahan dasar kayu.

Meski demikian, pembuatan kayu sejatinya memerlukan ketelitian dan ketelatenan yang penuh. Selain itu skill untuk bisa mengolahnya menjadi karya yang indah, alat yang memadai pun sangat diperlukan untuk membuat kerajinan berbahan dasar kayu. Misalnya, pemilihan alat pemotong dan alat ukir yang tidak boleh dipilih sembarangan. Jika semua berkualitas, maka nilai seni kayu bisa dibanderol harga tinggi.

Jenis-Jenis Kayu

pexels.com

Ada satu hal lagi yang penting diperhatikan dalam membuat kerajinan dari kayu, selain skill dan alat yang digunakan, yaitu material. Untuk menghasilkan karya seni berbahan dasar kayu dengan kualitas tinggi, material kayu yang digunakan juga harus berkualitas. Untungnya, Indonesia memiliki beragam jenis kayu terbaik untuk diolah menjadi berbagai macam furnitur. Tiap jenis kayu tersebut memiliki keunikan.

Keunikan dari masing-masing jenis kayu di Indonesia, mulai dari segi tekstur, berat, warna aslinya, hingga seratnya yang bisa menghasilkan nilai seni tinggi. Nah, agar tidak terkecoh, penting untuk mengetahui kenis-jenis kayu apa saja yang biasa digunakan untuk pembuatan furnitur kayu di Indonesia. Simak poin-poin berikut.

  • Kayu Jati

Jenis kayu yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Kayu jati memiliki ketahanan yang sangat lama, daya retak rendah, seratnya lurus, tahan air, serta anti rayap. Terlebih lagi, kayu ini memiliki nilai dekoratif yang sangat tinggi. Tak heran, banyak sekali pengrajin mebel menggunakan bahan ini sebagai produk premiumnya. Untuk satu log-nya, kayu ini dihargai sangat tinggi.

  • Kayu Akasia

Secara tampilan, kayu akasia sekilas mirip dengan kayu jati, yaitu memiliki warna kecokelatan yang khas dengan serat yang sangat apik. Namun, jika diteliti kembali, ada cukup banyak perbedaannya, seperti dari segi beratnya yang lebih berat dibandingkan kayu jati, harganya pun lebih murah dari kayu jati. Umumnya kayu ini digunakan sebagai bahan pembuat kertas dan kerajinan kayu ringan.

  • Kayu Trembesi

Kayu Trembesi cukup mudah didapat di mana saja. Sebab, kayu ini mudah tumbuh di daerah mana saja, asalkan beriklim tropis. Hal yang menarik dari kayu ini adalah coraknya yang apik, yaitu putih dibagian pinggir dan semakin ke tengah, semakin cokelat. Biasanya kayu ini dijadikan bahan meja makan. Untuk kekuatannya, kayu trembesi masih kalah dari jenis kayu yang lainnya.

  • Kayu Mahoni

Kayu mahoni adalah jenis kayu yang paling umum ditemukan, karena mampu bertahan di daerah dengan iklim kering maupun basah. Kayu mahoni sering sekali digunakan untuk bahan pembuatan mebel dan bahan bangunan, serta alat-alat olahraga dan alat musik. Jenis kayu ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup baik, namun sayang kayu ini tak tahan rayap.

Produk Berbahan Kayu

pexels.com

Selain keempat kayu di atas, masih banyak lagi jenis kayu lainnya yang bisa dijadikan produk. Lantas, produk-produk apa saja yang menarik dari bahan dasar kayu? Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk-produk dengan bahan dasar kayu yang unik dan menarik. Simak poin berikut ini.

  • Lampu Hias

Lampu hias dari bahan kayu memiliki nilai seni yang sangat tinggi, lho! Di berbagai toko online, lampu duduk dari bahan kayu bahkan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini karena keunikannya dan cocok untuk dipadukan dengan konsep ruangan apa saja, mulai dari minimalis, industrial, vintage, hingga modern.

  • Kalender Blok

Kalender semacam ini tentu sangat unik dan punya masa pakai yang sangat lama karena tidak dibatasi tahun. Selain itu, Anda jadi bisa hemat kertas. Anda hanya perlu memanfaatkan semua barang bekas di sekitar untuk dijadikan karya bernilai tinggi. Gunakanlah sisa-sisa kyu yang tidak terpakai lagi untuk digunakan dalam pembuatan kalender blok.

  • Jam Tangan

Ingin tampil dengan gaya etnik? Bisa manfaatkan kayu untuk pembuatan jam tangan dan aksesoris, seperti gelang dan kalung dari kayu. Jam tangan kayu saat ini sedang hits di kalangan anak muda, karena keunikan perpaduan detik jam dengan bahan dasar kayu. Hanya saja, Anda perlu menggunakan mesin untuk memotongnya agar lebih rapi.

Jika ingin memproduksinya secara besar-besaran, Anda bisa menggunakan jasa CNC router untuk pemotongan dan ukir/grafir kayu. CNC router adalah sebuah mesin khusus untuk memotong dan mengukir dengan teknik digital. Dengan menggunakan jasa CNC router, Anda bisa memotong dan menghasilkan banyak kayu ukir dalam jangka waktu yang lebih singkat, serta kualitas yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *