Kualitas Menjadi Mahasiswa Prodi Pariwisata Universitas Gadjah Mada


Pendidikan / Friday, February 7th, 2020

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas yang paling dicari oleh calon mahasiswa. Karena kualitas pendidikan yang baik juga fasilitas layanan yang ada cukup memadai. Universitas yang terletak di Jogjakarta tersebut hampir setiap tahun memenangkan pimnas. Terdapat salah satu program studi yang paling diminati oleh banyak mahasiswa ialah Prodi pariwisata Universitas – Gadjah Mada. Program Dini dianggap mampu menghasilkan mahasiswa berkualitas dan Siap bersaing di dunia usaha ataupun pekerjaan.

Bisa dilihat dari visi dan misi program studi bertaraf internasional dan berdasarkan Pancasila untuk pengembangan ilmu pariwisata berkaitan mengangkat taraf hidup masyarakat. Misi dari program studi tersebut ialah antara lain menyelenggarakan sebuah pendidikan tinggi di bidang ilmu dan Kebudayaan Pariwisata, menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan budaya lokal maupun internasional. Dan mendidik mahasiswa berkepribadian baik bermoral, di bidang kemajuan, teknologi dan seni.

Tidak hanya itu program studi tersebut telah menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas ternama seperti mahidol University dan Burapha University dari Negara Thailand, QueenSland University dari australia, wakayama University dari negara Jepang, Saxion University dari Netherland, dan masih banyak lagi kerjasama dengan Universitas ternama di dunia. Selain itu fasilitas yang bisa didapatkan ketika anda menjadi mahasiswa di dalamnya ialah perpustakaan, laboratorium bahasa, komputer, fonetik, gamelan, guesthouse dan masih banyak lagi fasilitas di dalamnya.

Namun anda harus berjuang ekstra untuk masuk pada program studi tersebut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan ialah dengan melakukan latihan soal SBMPTN soshum ataupun soshum. Hal ini sebagai upaya untuk menjadi mahasiswa baru di universitas gajah Mada Yogyakarta. Tulislah beberapa pemahaman terkait program studi jurusan pariwisata di universitas tersebut. Apakah anda tertarik untuk masuk pada program studi tersebut?

pixabay.com

Beberapa Hal Yang Harus Dipelajari Pada Program Studi Pariwisata

Untuk menjadi seorang sukses di bidang pariwisata nantinya Anda harus menempuh beberapa mata kuliah di bidang tersebut. Pertama ada statistik pariwisata. Nantinya matakuliah ini akan berhubungan secara langsung untuk menghitung angka ataupun jumlah kunjungan terhadap objek wisata tertentu. Selain itu Anda juga harus merampungkan mata kuliah ekonomi pariwisata.

Mata kuliah ini akan membahas seberapa besar terkait dampak pariwisata pada suatu destinasi atau objek wisata, secara mikro ataupun makro. Selanjutnya Anda juga harus mempelajari tourism law, hari ini lebih dipentingkan untuk memahami aturan aturan terkait objek wisata, retribusi, restoran, serta usaha pariwisata lainnya.

Saya itu mata kuliah perencanaan destinasi akan mempelajari sebuah sunnah dalam mengembangkan kawasan wisata. Hal ini juga akan ditunjang mata kuliah lain seperti ekowisata, tourism philosophy, pariwisata budaya, dan Tourism behavior. Khusus mata kuliah ini biasanya akan membahas terkait perilaku wisatawan lokal maupun mancanegara.

pexels.com

Apa Saja Sih Yang Bisa Dilakukan Lulusan Prodi Pariwisata?

Tentu banyak sekali orang yang beranggapan jika program studi pariwisata bukan program studi yang berprospek baik. Rata-rata mahasiswa baru beranggapan jika program seperti ilmu kedokteran ataupun ilmu hukum memiliki prospek kerja yang cerah. Namun jika anda mengetahui tentang banyaknya potensi yang bisa diraih ketika memilih program studi pariwisata, maka tanpa harus bekerja keras Anda bisa berkeliling dunia secara gratis. Prospek pertama yang bisa anda raih ialah menjadi pengelola tempat wisata.

Pada zaman Serba canggih dan 4.0 ini mempromosikan berbagai tempat wisata bisa dilakukan secara online dan cepat. Berbekal kompetensi dan pengetahuan yang anda dapatkan di Universitas Gadjah Mada, anda bisa menjadi pengelola wisata yang yang inovatif dan atraktif. Selain itu Anda juga bisa menjadi travel blogger. Tentu bekerja sambil jalan-jalan merupakan sebuah anugrah yang diinginkan oleh setiap manusia. Menjadi travel blogger merupakan salah satu prospek yang bisa didapatkan ketika anda kuliah di program studi pariwisata.

Tidak hanya itu nantinya Anda juga bisa menjadi tour gaet bagi pariwisata internasional. Profesi tersebut dibutuhkan terutama bagi perkembangan pariwisata yang ada di Indonesia. Dengan memiliki menteri baru di bidang kreatif preneur maka hal tersebut akan sangat dibutuhkan nantinya. Jangan lupa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing Karena sangat penting untuk diterapkan pada pekerjaan jenis tersebut. Selain itu nantinya Anda bisa bekerja di bidang industri makanan dan minuman. Berdasarkan situs edutore.com dalam beberapa tahun ke depan pemerintah akan meningkatkan ekonomi khususnya di bidang pariwisata.

pexels.com

Hal ini tentu menjadi peluang yang baik bagi lulusan mahasiswa program studi pariwisata. Selain itu Anda juga berpulang untuk membangun usaha di bidang industri penerbangan ataupun perhotelan. Berdasarkan pengalaman magang yang anda dapatkan ketika kuliah di Prodi Pariwisata – Universitas gadjah Mada maka usaha tersebut bisa menjadi opsi untuk dilakukan.

Bisnis perhotelan sejatinya semakin hari memang semakin banyak dengan berkembangnya berbagai macam tempat wisata di negara Indonesia. Jika anda mampu mengoptimalkan hal tersebut tentu akan sangat memiliki prospek yang cerah. Jadi itulah beberapa informasi terkait hal apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa program studi pariwisata. Kembangkan diri Anda sebaik mungkin maka dalam waktu singkat bisa menjadi orang yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *