Ketahui Tentang Plus Minus File PDF


Software / Saturday, April 4th, 2020

Format file ada banyak jenisnya. Salah satu file yang memiliki banyak peminat adalah file pdf. Format file pdf memiliki tingkat keamanan yang tidak mudah di retas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. File pdf juga bisa kamu ubah ke format lain. Seperti cara mengubah pdf ke word dan lain sebagainya.

Meskipun file pdf banyak diminati karena tampilannya yang rapi, file pdf tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap dan tuntas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari file pdf. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari file pdf. Simak ulasan artikel yang ada dibawah ini.

Sekilas Tentang Pdf

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan file pdf, terlebih dahulu kita akan mengulas secara singkat tentang file pdf. Agar kamu memiliki sedikit gambaran terkait file pdf tersebut. Pdf merupakan singkatan dari Portable Document Format. File ini menjadi wadah untuk suatu dokumen yang tidak tergantung pada perangkat, software dan semacamnya. Dalam artian file pdf tidak terikat satu lain hal dengan semua yang disebutkan tadi.

File Pdf pertama kali di ciptakan oleh Adobe. Dan sekarang Pdf merupakan file dengan standar terbuka yang di kelola oleh International Organization for Standardization atau ISO. Sebuah file pdf bisa berisi berbagai macam hal mulai dari teks, gambar, tautan link, audio, video dan semacamnya. File ini banyak digunakan karena kemampuan yang memudahkan bagi pengguna file pdf itu sendiri.

pexels.com

Kelebihan Format File Pdf

Yang pertama akan kita bahas dalam artikel ini adalah tentang kelebihan dari format file pdf. File yang memiliki tampilan mudah di pahami ini mempunyai beberapa kelebihan. Adapun untuk kelebihan dari file pdf ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Fleksibel

Kelebihan pertama dari format pdf adalah file yang ada di dalamnya bersifat fleksibel. Dalam artian ketika dibuka di perangkat apapun file pdf tersebut tampilannya akan sama seperti yang dibuat sebelumnya. File pdf juga bisa dibuka melalui perangkat apapun mulai dari komputer sampai dengan ponsel android. Karena itulah file ini menjadi sangat fleksibel.

2. Mudah Digunakan

Kelebihan lain dari format file pdf adalah mudah digunakan. Terlebih dengan menggunakan perangkat laptop maupun komputer. Karena pada perangkat pc maupun laptop sudah terinstal secara otomatis software Adobe Acrobat Reader yang mana software tersebut digunakan untuk membuka, membuat dan melakukan berbagai macam pengeditan file pdf.

3. Hemat Ruang Penyimpanan

Satu yang tak terbantahkan menjadi kelebihan dari file pdf adalah file dengan format pdf tidak perlu ruang penyimpanan besar. Hal ini di karenakan ukuran file dari pdf sendiri terbilang sangat kecil. Bahkan untuk yang memiliki sampai ratusan lembar hanya berukuran paling besar setidaknya 5 Mb saja. Tentu ukuran tersebut sangat kecil sekali dibanding dengan file dengan format yang lain.

4. Proteksi Keamanan

Kelebihan lain dari file pdf adalah memiliki keamanan yang terjamin. Karena, file dengan format pdf ini memiliki tiga lapisan keamanan yang tidak akan mudah di retas oleh pihak-pihak lain. Maka dari itu semisal kamu memiliki sebuah dokumen yang sangat penting, alangkah baiknya kamu ubah file tersebut menjadi format pdf. Agar file tersebut aman dan tidak di retas di luar jaringan oleh penjahat cyber crime yang berbahaya.

pexels.com

Kelemahan File Pdf

Ada kelebihan, tentu sejalan dengan kelemahan. Segala sesuatu pasti memiliki sisi yang di unggulkan dan sisi yang lemah. Sama juga dengan file pdf. File pdf memiliki beberapa kelemahan yang tak terbantahkan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang di miliki oleh file dengan format pdf. Simak ulasan artikel di bawah ini.

1. Tidak Mudah Di Edit

Yang di maksud dengan tidak mudah di edit adalah file pdf yang sudah tersimpan tidak serta merta kamu edit dengan cara file tersebut kamu buka. File pdf tidak sama dengan seperti file word yang ketika kamu buka akan masuk ke halaman microsoft word. Untuk dapat mengedit file pdf kamu memerlukan software khusus dan bisa juga dilakukan pengeditan secara online pada website-website yang menyediakan fasilitas tersebut.

2. Tidak Terdeksi Sebagai Teks

Meski sebenarnya file pdf umumnya berisi teks, namun file pdf tidak terdeteksi sebagai teks di dalam perangkat. Hal ini di karenakan file pdf lebih cenderung seperti sebuah gambar yang telah di konversikan. Maka dari itu file pdf tidak mudah di deteksi sebagai teks. Akan tetapi, hal semacam ini bukan lah suatu hal yang perlu di permasalahkan. Paling tidak sebuah file pdf bisa dengan mudah di buka dan di baca, tanpa harus bisa di deteksi sebagai teks juga bukan suatu permasalahan yang besar.

Nah itulah ulasan lengkap tentang kelebihan dan kelemahan dari file pdf. Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan file dengan format pdf tersebut, file ini menjadi kebutuhan bagi banyak orang dan banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. Sekian, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *