Kelebihan Penggunaan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya


teknologi / Saturday, November 9th, 2019

Tenaga surya merupakan sebuah inovasi terbaru dalam pengembangan tenaga listrik saar ini. Tenanga surya ini dikembangkan untuk menggantikan peranan pembangkit listrik dengan menggunakan fosil yang dinilai kurang efektif dan efisien.

Tenaga surya dihasilkan dari sebuah alat yang bernama solar panel, alat ini berguna untuk menangkap sinar matahari yang kemudian di konversikan kembali menjadi aliran listrik yang siap digunakan.

Kegunaan dari pembangkit listrik tenaga surya ini sangatlah banyak, mulai dari untuk mengaliri listrik di rumah, kantor, sekolah, rumah sakit atau fasilitas umum lainnya.

Penggunaan listrik tenaga surya ini memang lebih ekonomi dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga lainnya. Jadi kalian bisa berhemat biaya anggaran listrik jika kalian menggunakan pembangkit listrik tenaga surya.

Dengan banyak manfaatnya tersebut kini penggunaan panel surya mulai dilakukan secara besar besaran. Khususnya di indonesia sendiri yang ingin meniru negara maju lainnya yang sudah menggunakan panel surya sebagai kebutuhan listriknya.

unsplash.com

Kelebihan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Ada beberapa keuntungan yang dimiliki panel surya yang harus kalian ketahui sehingga direkomendasikan untuk kalian gunakan, berikut ini keuntungan menggunakan panel surya :

1. Ramah lingkungan

Hal yang mendasari penggunaan panel surya dianjurkan adalah ramah terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan oleh panelnya itu sendiri yang tidak mengandung bahan bahan yang berbahaya dan tidak mengandung gas efek rumah kaca, sehingga pembangkit listrik tenaga surya ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga lainnya.

2. Tahan lama

Jika kalian menggunakan solar panel ini maka kalian akan diuntungkan dengan biaya listrik yang tergolong murah dalam waktu yang lama, karena solar panel ini memiliki ketahanan yang lama yaitu hingga 30 tahun lamanya. Jadi kalian akan diuntungkan jika kalian mengaplikasikan solar panel ini sebagai pembangkit listrik kalian.

3. Masa efisiensi yang lama

Jika penggunaan solar panel bisa bertahan dalam waktu yang lama, lantas bisakah solar panel ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik yang sama pula seperti pertama saat digunakan?.

Jawabanya adalah bisa, karena masa efisiensi penggunaan solar panel ini terbilang sangat lama yaitu 20 tahun. Sehingga solar panel akan berfungsi sama baiknya walaupun sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Namun kali ini saya tidak akan membicarakan tentang keunggulan penggunaan solar panel, melainkan saya akan membahas tentang penggunaan solar cell untuk digunakan sebagai penerangan di jalan raya.

Seperti yang sudah kita ketahui semuanya bahwa sudah banyak jalanan di kota besar indonesia yang sudah menggunakan solar cell sebagai sumber daya penerangan lampu di jalan jalan kota. Ada beberapa hal yang mendorong penggunaan PJU solar cell di kota-kota besar di indonesia. Berikut ini penjelasannya :

unsplash.com

Penerangan Jalan Umum Menggunakan PJU Solar Cell

1.Daya tahan yang lama

Dasar pertama penggunaan solar cell untuk penerangan jalan umum adalah memiliki daya tahan yang lama. Seperti yang sudah saya bahas di atas tadi bahwa solar cell ini memiliki masa penggunaan yang lama yaitu hingga 30 tahun lamanya. Jadi sangat menghemat biaya karena tidak terlalu sering mengganti perangkat.

2. Tanpa menggunakan kabel

Hak yang menguntungkan dari penggunaan *PJU solar cell* ini adalah tanpa menggunkan kabel listrik. Karena menggunakan tenaga matahari yang langsung dikonversikan menjadi aliran listrik. Sehingga aman untuk digunakan.

3. Tidak merusak lingkungan

Karena sifatnya yang tanpa kabel otomatis jaringan penerangan jalan umum menggunakan solar cell tidak memerlukan galian lagi untuk menanam kabel yang berfungsi sebagai penyalur aliran listrik. Jadi intinya penggunaan solar cell untuk instalasi penerangan jalan umum ini sangatlah ramah lingkungan.

picjumbo.com

4. Tidak ada biaya perawatan

Hal menguntungkan lainnya yang bisa didapatkan saat menggunakan solar cell sebagai penerangan jalan umum adalah tidak adanya biaya perawatan. Hal ini sisebabkan karena solar cell sendiri umumnya berumur sangat panjang sampai 30 tahun lamanya, dan tahan terhadapa segala kondisi cuaca yang ada. Jadi tidak perlu mengeluarkan lagi anggaran untuk merawat lampu jalan solar cell ini.

5. Instalasi yang mudah

Terakhir manfaat penggunaan lampu jalan solar cell adalah instalasi yang mudah. Hal ini berbeda saat menggunakan penerangan jalan umun yang masih menggunakan kabel sehingga memakan waktu yang lebih untuk melakukan instalasi. Belum lagi jika menggunakan galian tanah maka akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

6. Kemudahan pemindahan

Karena merupakan sebuah perangkat tanpa kabel, maka untuk lampu jalan solar cell ini dapat dipindahkan dengan mudah. Tidak seperti jaringan lampu jalan yang masih menggunakan kabel yang harus memindahkan kabel, menyesuaikan panjang ukuran kabel lagi maka jika menggunakan lampu jalan solar cell untuk memindahkannya dapat dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang cepat.

Nah itu lah tadi pembahasan mengenai penggunaan lampu jalan solar cell. Jadi intinya di dunia yang sudah sangat maju pada saat ini bermunculan banyak inovasi inovasi baru yang menentang cara lama. Contohnya adalah listrik tenaga matahari ini yang lama kelamaan akan menjadi sumber daya utama listrik di seluruh dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *