Mengetahui Trik dan Pendaftaran UTBK


Pendidikan / Thursday, December 5th, 2019

mahasiswa merupakan suatu hal yang sangat istimewa karena sejatinya tidak semua pemuda Indonesia bisa mengenyam pendidikan hingga level tertinggi. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan juga menambah banyak pengalaman. Selain itu punya banyak relasi, mengikuti kegiatan Intra dan ekstra kampus, event-event nasional dan internasional serta lain sebagainya.

Kebanyakan memilih perguruan tinggi negeri sebagai perguruan tinggi favorit. Untuk bisa masuk harus melalui beberapa tahap dengan berbagai jalur reguler. Jalur pertama dengan mendaftar malalui jaur raport atau tanpa raport. Jalur ini disebut sebagai SNMPTN untuk perguruan tinggi negeri.

Ketika jalur tersebut belum lolos, jangan khawatir karena masih ada jalur kedua yaitu SBMPTN. Mulai tahun 2019, sebelum mengikuti seleksi SBMPTN harus melalui tahap pendaftaran UTBK. Apa itu UTBK? UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan ujian yang dilakukan sebagai syarat untuk mengikuti SBMPTN.

UTBK ini dilaksanakan atau diselenggarakan oleh LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang berada di bawah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Hal tersebut dimaksukan agar lebih selektif serta fleksibel, kredibel, transparan, adil, akuntabel dan efisien.

Syarat Mengikuti Ujian UTBK

Syarat-syarat yang diajukan untuk bisa mengikuti ujian ini cukup sederhana yaitu:

  1. Sehat Jasmani dan Rohani
  2. Karena seleksi ini dilaksanakan sebelum kelulusan, maka peserta berasal dari SMA/SMK/MA sederajat diseluruh Indonesia ke 12 pada tahun yang ditetapkan yaitu tahun 2019.
  3. Selain itu, 2 tahun angkatan sebelumnya juga bisa mengikuti ujian ini. Yaitu telah lulus SMA sederajat ataupun paket C pada tahun 2017 dan 2018.
  4. Membayar Biaya UTBK melalui Bank yang telah ditunjuk
pxhere.com

Jenis-Jenis Tes UTBK

Ujian ini memiliki 2 tipe atau jenis ujian yang harus dilalui oleh peserta serta terbagi menjadi 2 kelompok. 2 jenis tersebut iyalah Tes Kompetensi Akademik dan Tes Potensi Skolastik. Seperti pada SBMPTN tahun sebelumnya, TPA memang sesuatu yang diujian berkeitan dengan kemampuan kognitif pada pellajaran yang dipelajari seaktu di SMA.

Sedangkan TPS merupakan dasar untuk menguji kemampuan kognitif dalam memahami secara umum yang berkaitan dengan kemampuan penalaran dan pemahaman umum, ,menulis dan memahami bacaan serta pengetahuan kuantitatif. kedua jenis tes ini sebagai materi yang harus dilaksanakan baik mengambil kelompok saintek maupun soshum.

Kelompok ujian saintek, TKA yang diujian adalah pelajaran kimia, biologi, fisika dan matematika khusus saintek. Sedangkan untuk Soshum, TKA yang diujian berkaitan dengan mata pelajaran Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah dan Matematika Soshum.

Pada ujian UTBK setiap peserta boleh mencoba sebanyak 2 kali. Baik satu kali kelompok Saintek dan satu kali kelompok soshum. Atau bisa juga dua kali saintek saja dan dua kali soshum saja. Oleh karena itu, pelaksanaan dilakukan dengan 2 kali gelombang.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan banyak ruang bagi peserta jika di gelombang satu mengalami kegagalan bisa mengikuti kembali di gelombang kedua. Dengan begitu, peserta yang gagal pada gelombang petama tidak merasakan kecewa berlebih. Mereka juga bisa fokus belajar kembali salah satunya mengikuti bimbel UTBK.

pxhere.com

Tahapan Pendaftaran UTBK

Ada beberapa tahapan dalam pendaftaran UTBK diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Peserta mendaftara dengan menggunakan NPSN dan NISN pada web resmi https://pendaftaranutbk.sbmptn.ac.id,. Hal tersebut digunakan untuk mendapatkan password dan username ketika ujian.
  • Mengupload pasfoto berwarna, mengisi data, memilih sesi serta jenis tes, serta lokasi pusat UTBK PTN untuk memeroleh Slip sesuai dengan perintah yang ada pada laman web.
  • Membayar di Bank yang telak ditunjuk seperti Mandiri, BTN dan BNI dengan menunjukan slip pendaftaran. Dan bagi peserta Bidikmisi tidak harus membayar biaya pendaftaran. Pembayaran dilakukan selama 1×24 jam setelah mendaftar online.
  • Membuka kembali laman seperti pada langkah pertama untuk memeriksa kartu ujian
  • Mengikuti serangkaian tes sesuai dengan jadwal dan lokasi yang dipilih.
pxhere.com

Tips Lulus UTBK

Setelah mengetahui cara pendaftaran UTBK maka harus ditingkatkan belajrnya. Mengingat UTBK adalah gerbang awal untuk menentukan bisa mengikuti SBMPTN serta menghadapi persaingan yang datang dari berbagai penjuru di Indonesia. Terlebih memiliki passing grade tinggi, oleh karenanya bimbel UTBK menjadi penting.

Berikut beberapa tips yang bisa sedikit membantu untuk bisa lulus UTBK. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Perbanyak belajar dan latihan soal, cara ini bisa dilakukan dengan membeli buku UTBK/SBMPTN atau mendownloadnya. Untuk lebih memahami bisa mengikuti bimbel UTBK.
  • Fokus pada Materi yang mudah dan punya target untuk benar pada soal tersebut
  • Mendaftar di hari terakhir
  • Jangan kosongkan jawaban.

Seperti itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam UTBK sebagi syarat mengikuti SBMPTN. Pada dasarnya, semua harus dipersiapkan dengan matang. Disertai dengan doa dan restu orang tua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *