Jenis Pakan Burung Lovebird


Hobi / Tuesday, November 12th, 2019

Pakan merupakan sumber energi utama dalam mendukung pertumbuhan dan berkembangnya makhluk hidup. Pakan juga menunjang stamina, kesehatan, bahkan kekebalan tubuh. Lovebird, burung dengan bulu yang indah dan suara yang indah dan unik tentunya membutuhkan makanan tertentu. Dari makanan utama seperti biji-bijian sampai makanan tambahkan seperti buah dan sayur. Supaya anda memahami jenis pakan yang cock untuk lovebird, maka simaklah ulasan berikut tentang jenis pakan lovebird.

Pakan Jenis Biji-bijian Untuk Lovebird

Pakan biji-bijian merupakan jenis yang paling disukai oleh lovebird. Karena, memang pada dasarnya lovebird termasuk burung pemakan biji. Apakah anda tahu, biji apa saja yang cocok untuk pakan lovebird? Jika belum, cobalah simak bersama ulasan berikut ini.

Millet

Jika anda memiliki lovebird, maka anda tidak boleh meninggalkan millet saat memberikan pakan. Karena millet adalah makanan pokok bagi lovebird. Sebagaimana nasi bagi anda. Terdapat dua jenis millet yang digunakan sebagai pakan, yaitu millet putih dan millet merah. Millet merah diyakini membantu dalam menjaga kestabilan birahi dan reproduksi ternak lovebird. Sedangkan, millet putih membantu untuk mempercepat gacor dan ngekek.

unsplash.com

Biji kenari

Kandungan protein kenari menyebabkan lovebird cepat kenyang dengan waktu lama. Yang tidak kalah penting, biji kenari mendukung dalam suara lovebird. Bahkan dapat memperbaiki suara lovebird yang serak bisa menjadi nyaring dan enak didengarkan. Diantara semua jenis makanan utama, sepertinya biji kenarilah yang memberikan dampak besar terhadap suara lovebird yang indah.

Oat atau biji gandum

Seperti yang sudah diketahui oleh semua pecinta lovebird, biji gandum memiliki kandungan pakan utama seperti karbohidrat, protein, dan kalori. Dimana nutrisi tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan sumber energi lovebird. Biji gandum juga diyakini memberikan kecantikan bulu. Namun sayangnya, harga biji gandum lebih mahal dibandingkan dengan pakan jenis bijian yang lainnya.

Otek atau Juwawut

Jika anda menginginkan telur lovebird yang baik, maka tambahkan otek atau juwawut. Jenis pakan dengan warna kuning berbentuk bulat-bulat kecil. Pemberian juwawut terutama pada saat lovebird sudah siap untuk reproduksi dan menghasilkan telur. Kandunga protein dan zat Kapur dalam otek sangat bagus untuk menghasilkan telur yang Berkualitas.

Kuaci

Walaupun bukan pakan utama, sesekali anda menambahkan kuaci saat memberikan makan lovebird. Karena lovebird sangat menyukai kuaci sebagai cemilan atau makanan selingan. Namun jangan terlalu keseringan walaupun lovebird sangat menyukainya. Hal ini untuk menjaga ukuran tubuh lovebird. Jika keseringan konsumsi kuaci, maka ovebird cenderung memiliki tubuh yang gemuk. Burung lovebird yang gemuk akan menurunkan daya jual dan pergerakan lovebird Itu sendiri.

Gabah beras merah

Saat lovebird, supaya lovebird tersebut tidak merasa bosan dengan jenis makanana yang itu-itu saja, anda bisa mennggantinya beberapa saat dengan gabah beras merah. Beras merah memiliki kandungan karbohidrat dan nutrisi pengganti lainnya. Anda juga bisa mencampurnya dengan millet atau biji kenari. Karena makanan yang lebih bervariasi, selain penting dalam mencukupi nutrisi juga penting dalam pertumbuhan dan perkembangan lovebird. Bahkan dapat mendukung suara dan gacor burung.

unsplash.com

Pakan Jenis Buah-buahan Untuk Lovebird

Walaupun bukan makanan utama, tapi sebaiknya ditambahkan buah saat memberi makan lovebird. Karena buah-buahan kaya akan vitamin dalam mendukung kesehatan dan kekebalan tubuh dari berbagai benyakit. Sehingga lovebird tidak mudah sakit. Jenis buah yang menjadi andalan yaitu apel merah. Selain kandungan tentunya, apel merah memiliki tekstur yang lembut dibanding apel hijau. Namun sebelum anda menambahkan apel merah, anda harus mengupuas kulit dan membuang bijinya. Supaya lovebird lebih mudah memakannya. Anda dapat menambahkan buah lainnya seperti pepaya. Penambahan pakan buah tidak harus dilakukan setiap memberi makan. Anda hanya cukup memberinya satu atau dua kali dalam seminggu.

Pakan Jenis Sayuran Untuk Lovebird

Selain jenis bijian dan buahan, lovebird juga membutuhkan sayuran sebagai nutrisi tambahan, baik untuk suara, stamina, dan reproduksi. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis sayuran yang baik untuk lovebird.

unsplash.com

Kecambah atau toge

Toge memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Bagi para peternak lovebird, pakan ini selalu dutambahkan karena dapat meningkatkan reporduksi lovebird pasangan. Sering juga toge digunakan sebagai pakan tambahan terutama lovebird untuk lomba. Karena akan meningkatkan stamina dan daya tahan lovebird terhadap penyakit. Selain itu, pemberian toge memancing lovebird untuk berkicau dengan suara yang indah bahkan sampai durasi cukup lama.

Kangkung

Kandungan nutrisi terutama kalsium dalam kangkung menjadi alasan sebagai cemilan atau makanan tambahan. Terutama untuk lovebird lomba supaya lebih kuat. Begitu juga pada lovebird, penambahan kangkung dalam pakan akan mendukung pertumbuhan tulang dan cangkang saat reporduksi. Saat pemberian kakngkung, seringkali ditambahkan jagung manis untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh.

Itulah jenis pakan yang dapat dipilih saat ternak burung lovebird, dari berbagai sumber yaitu bijian, sayuran, dan buahan. Tambahkan pakan sesuai dengan kebutuhan lovebird. Dan tidak memberikannya berlebihan tertuama pada jenis makan tambahkan seperti buah dan sayur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *