Motor Injeksi Kehabisan Bensin, Ini Cara yg Harus dilakukan


Otomotif / Friday, April 17th, 2020

Siapa yang sering kesal jika tiba-tiba sepeda motor yang dipacu berhenti karena kehabisan bensin? Hal seperti ini merupakan sebuah sesuatu yang sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja dan juga kapan saja. Tak peduli seberapa sering Anda berkendara, pasti ada satu momen dimana Anda lupa untuk mengisi bahan bakar sehingga sepeda motor harus terhenti di tengah perjalanan. Pengalaman seperti ini kerap berujung pada rasa marah, lucu, atau bahkan menjadi sebuah nostalgia yang akan selalu dikenang sepanjang masa tergantung bagaimana cerita dibalik kehabisan bensin tersebut. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata kehabisan bensin pada sepeda motor yang menggunakan mesin injeksi bisa mempengaruhi performa mesin?

Sepuluh tahun yang lalu, saat booming sepeda motor dengan mesin injeksi, banyak orang yang takut kehabisan bensin di tengah jalan karena bisa membuat mesin tidak bisa dinyalakan kembali. Akan tetapi, beberapa pabrikan seperti Honda dan Yamaha mengklaim bahwa sistem mesin injeksi yang digunakan saat ini berbeda dengan mesin injeksi yang digunakan beberapa tahun sebelumnya. Berkat teknologi yang canggih, kini mesin injeksi tidak terkena dampak buruk yang terlalu parah meski kehabisan bensin di tengah jalan. Bahkan saat bahan bakar di dalam tangki semakin menipis, sistem akan secara otomatis menurunkan tekanan fuel pump dimana efeknya akan membuat motor sedikit tersendat. Keadaan sepeda motor yang tidak stabil itu diharapkan bisa menjadi warning bagi pengendara untuk melihat indikator bensin dan mengisi tangki bensin jika memang sudah menipis.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Motor Injeksi Kehabisan Bensin?

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Akan tetapi jika peringatan tersebut diabaikan dan motor tetap dipacu hingga kehabisan bensin, maka efeknya sistem akan langsung menghentikan pasukan bensin ke fuel pump. Sebagai akibatnya, katup pompa bensin yang tertutup akan membuat sistem mengunci sementara karena tidak adanya bahan bakar di dalam tangki. Lalu apa yang harus dilakukan saat motor injeksi kehabisan bensin?

Sebenarnya solusinya sangat simpel, jika motor injeksi kehabisan bensin maka Anda harus mencari pom bensin terdekat dan mengisi tangki bensin hingga full. Setelah itu, biasanya motor tidak bisa di-starter karena pompa bensin belum bisa secara maksimal menyemprotkan bahan bakar dari tangki ke dalam sistem mesin. Fuel Pump biasanya membutuhkan waktu beberapa detik sebelum akhirnya bisa bekerja seperti sediakala. Oleh karena itu, nyalakan motor menggunakan stop kontak dengan menyalakan dan mematikannya lagi untuk beberapa saat. Lakukan proses on and off dengan kunci motor selama beberapa kali. Biasanya muncul suara berdenging yang merupatkan tanda bahwa fuel pump sedang bekerja dalam memasok bahan bakar ke selang dan menyesuaikan tekanan.

Perlu diketahui pula bahwa mesin motor injeksi memiliki cara berbeda dengan mesin motor standar yang masih menggunakan karburator. Jika motor dengan mesin karburator tidak bisa dinyalakan setelah kehabisan bensin, maka kita hanya perlu menggeser tuas Choke yang akan secara otomatis akan membantu dalam memompa bahan bakar dalam jumlah yang lebih banyak agar karburator bisa lebih cepat dalam melakukan pembakaran. Biasanya hal tersebut dilakukan dengan mengengkol starter kaki selama beberapa kali agar semprotan fuel pump makin besar dalam memasok bensin. Dan karena motor injeksi tidak memiliki tuas Choke, maka kita bisa mengakalinya dengan menggunakan kunci starter untuk di on and off kan.

Jika kejadian ini hanya terjadi sekali saja selama masa penggunaan, maka performa mesin tidak akan terpengaruh dengan kegagalan fuel pump dalam memasok bahan bakar. Namun jika terlalu sering terjadi, lama kelamaan fuel pump bisa mengalami error dan gagal menjalankan tugasnya dalam menyuplai bahan bakar dari tangki ke sistem pengapian melalui selang. Oleh karena itu diharapkan pemilik kendaraan bermotor bisa menjaga kendaraannya agar hal seperti ini tidak terulang lagi. Selain merepotkan karena Anda harus mendorong motor hingga ke tempat pengisian bensin, kejadian seperti ini juga bisa membuat kesalahan minor.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Perlu diketahui pula bahwa motor dengan mesin injeksi membutuhkan mekanik dan perawatan khusus. Hanya montir yang pernah mengikuti kursus mekanik motor injection yang mengerti seluk beluk dan cara kerja sepeda motor ini. Jadi jika Anda mengalami masalah dengan sepeda motor injeksi Anda, maka biasakan untuk datang ke bengkel resmi yang memiliki armada mekanik yang telah berpengalaman menangani mesin jenis tersebut.

Sedangkan jika Anda merupakan seorang pecinta otomotif yang ingin mengikuti Kursus mekanik motor injection, kini ada banyak lembaga yang menyediakan kursus singkat yang akan membekali para peserta dengan teori serta praktek langsung di bengkel. Hal ini akan berguna bagi Anda yang gemar mengulik mesin motor sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel. Ada kepuasan tersendiri jika Anda bisa memperbaiki mesin motor sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *