Cara Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Wanita


Kesehatan, Pendidikan / Sunday, December 1st, 2019

tentang organ reproduksi pada seorang wanita, pasti yang terlintas pertama kali adalah rahim. Rahim adalah salah satu organ reproduksi paling penting yang dimiliki oleh seorang wanita. Wanita sering kali dikatakan sempurna apabila telah berhasil memiliki anak dari rahim dirinya sendiri. Karena hal ini lah rahim termasuk dalam salah satu organ yang sangat dijaga oleh wanita. Selain rahim, Miss v seorang wanita juga menjadi salah satu hal penting yang harus di jaga. Cara menjaga yang sangat hati-hati dan berusaha sebisa mungkin menghindari berbagai bahan kimia untuk masuk dalam tubuh. Bahan Kimia sering kali masuk dalam tubuh karena berbagai produk yang digunakan oleh wanita.

Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Sebagai seorang wanita, menjaga kesehatan organ reproduksi adalah hal yang sangat penting. Berikut beberapa tips dan cara mudah yang bisa dilakukan oleh para wanita untuk menjaga organ reproduksi mereka:

  1. Menjaga kebersihan vagina bagian luar

Bagi seorang wanita vagina adalah salah satu aset yang sangat diperhatikan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi adalah dimulai dari keberkahan vagina. Untuk menjaga vagina tetap sehat para wanita dapat menggunakan crystal x nasa. Produk ini akan memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Selain itu menjaga kebersihan vagina bisa dilakukan dengan cara secara teratur membersihkan vagina setiap hari. Cara mudah membersihkan vagina adalah dimulai dari depan ke belakang hindari dari belakang ke depan karena bakteri dan kuman yang berasal dari anus bisa saja akan membuat vagina terjangkit penyakit.

pixabay.com
  1. Hindari memasukkan jari ke vagina

Salah satu hal yang biasanya sering kali disalah artikan oleh para wanita adalah menghindari douching berseri tidak boleh memasukkan jari ketika berhubungan intim. Akan tetapi tidak hanya saat berhubungan intim saja, para wanita yang secara tidak sengaja membersihkan vagina menggunakan jari juga sangat berpotensi secara tidak sengaja memasukkan jari mereka dalam lubang vagina. Hal ini karena jari mengandung banyak sekali kuman yang jika masuk dalam vagina bisa menyebabkan bakteri baik yang ada dalam vagina menghilang dan akan menyebabkan kulit dalam vagina terluka atau iritasi

  1. Hindari penggunaan sabun atau gel

Hal yang sering kali disepelekan oleh para wanita adalah menggunakan sabun atau gel untuk membersihkan organ intim atau vagina. Hal ini akan menyebabkan banyak kerusakan kulit atau bahkan memicu bakteri lain yang bisa menyebabkan infeksi pada vagina seorang perempuan. Tak jarang para wanita mengeluh gatal atau alergi terhadap vagina mereka karena penggunaan sabun untuk vagina.

  1. Membersihkan vagina setalah dan sebelum berhubungan intim

Hal lain yang juga sering dilupakan oleh para wanita adalah kebersihan vagina ketika selesai berhubungan badan. Hal ini terjadi karena faktor malas yang ada pada diri setiap wanita. Membersihkan organ intim vagina ini akan berguna untuk menghilangkan bakteri atau kotoran yang tidak sengaja masuk dalam vagina ketika melakukan hubungan badan. Hal ini harus sangat di perhatikan agar kesehatan vagina selalu terjaga.

pixabay.com
  1. Mengganti celana dalam secara teratur

Bagi wanita kebersihan celana dalam adalah hal utama yang harus sangat di perhatikan. Hal ini karena wanita akan merasa tidak nyaman ketika celana dalam yang digunakan kotor atau basah. Seorang wanita biasanya akan selalu mengganti celana dalam ketika selesai buang air kecil atau dari toilet hal ini karena celana dalam yang basah dan kotor cenderung lebih besar sebagai pembawa bakteri untuk vagina. Penggunaan pantyliner juga sangat di sarankan bagi seorang wanita yang sering kali mengalami masalah keputihan. Untuk menjaga kebersihan vagina dan menghindari bakteri maka para wanita sangat wajib mengganti celana dalam minimal dua kali sehari.

Faktor Penyebab Penyakit Pada Organ Reproduksi

Sering kali terjadi banyak masalah atau penyakit terjadi pada organ vagina wanita. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penyakit pada organ reproduksi wanita:

  1. Jamur

Jamur ini terjadi ketika para wanita tidak dapat menjaga kebersihan organ intim miliknya. Jamur ini biasanya terjadi ketika para wanita malas mengganti pakaian dalam mereka yang basah. Pakaian dalam yang basah akan membuat jamur sangat mudah berkembang biak. Karena hal ini lah sangat penting untuk menjaga pakaian dalam tetap kering.

pixabay.com
  1. Bakteri

Bakteri adalah adalah satu hal yang cukup sulit untuk dilihat, hal ini karena bakteri biasanya akan ada di dalam tubuh. Bakteri baik dalam organ reproduksi bisa saja hilang karena kegiatan atau berbagai hal yang dilakukan oleh wanita. Salah satunya adalah bakteri baik laktobasilus hilang karena tangan yang masuk ke dalam vagina

  1. Virus

Virus ini adalah hal yang terjadi di luar tubuh. Virus ini dapat berbagai macam sehingga akan cukup sulit melihat penyebab terkena virus tersebut. Penyakit yang disebabkan oleh virus juga sangat berbahaya, oleh sebab itu para wanita tetap harus berhati-hati pada setiap kegiatan dan apapun yang masuk ke dalam organ reproduksi mereka. Menjaga segala hal yang masuk ke dalam organ reproduksi akan membuat kesehatan organ reproduksi lebih terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *