Menikmati Kendahan Air Terjun Jumog, Karanganyar


Umum / Sunday, December 1st, 2019

Air terjun yang terletak di kawasan kaki Gunung Lawu, lebih tepatnya di Desa Berjo, Ngargoyoso, sekitar 41 kilometer dari kota Solo. Untuk sampai ke kawasan air terjun ini, kamu harus menuruni sekitar 116 anak tangga, namun perjalanan melelahkan itu akan terbayar dengan indahnya panorama yang terlihat dari kawasan air terjun Jumog, di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini. Air terjun Jumog terletak tersembunyi di balik tebing. Selain itu keadaannya yang tersembunyi sebelum ditemukan pada tahun 2004 ini membuat air terjun Jumog disebut sebagai “surga yang hilang”. Sebelumnya, air terjun ini tersembunyi rapat di balik semak belukar.

Air terjun Jumog memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan debit air yang sedang, meski begitu air terjun ini tak kering saat musim kemarau datang. Airnya begitu jernih dan sejuk. Biasanya, pengunjung betah berendam kaki di air terjun Junog ini. Di depan aliran air terjun, dibangun sebuah jembatan kayu yang biasa digunakan untuk berfoto dengan latar belakang air terjun.

 

Surga Yang Hilang

Air terjun Jumog ditemukan pada tahun 2004 tersembunyi di balik semak belukar. Setelah ditemukan dan menjadi tempat wisata seperti sekarang pun, air terjun ini masih tersembunyi letaknya di balik tebing. Untuk sampai ke sini kamu perlu menuruni tangga yang cukup membuat kamu kelelahan. Namun lelah tersebut akan terbayar dengan pemandangan air terjun Jumog yang sangat asri. Kawasan air terjun Jumog ini bisa dikatakan masih ‘perawan’, karena lingkungannya yang masih alami dan tetumbuhan yang masih rimbun. Pemandangan hijau akan kamu nikmati di sepanjang perjalanan menuju lokasi utama air terjun. Kawasan air terjunnya sendiri terkesan sempit dan sangat lembab, sehingga menimbulkan udara sejuk dan segar. Air terjun Jumog cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat berlibur di Karanganyar.

Akses menuju air terjun Jumog bisa ditempuh dari kota Solo sekitar 40 kilometer. Kamu bisa mengambil jalur ke arah Tawangmangu hingga menuju daerah Karangpandan hingga dan mengikuti papan penunjuk arah air terjun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *