Mengenal Burung Prenjak yang Cocok Dipelihara


Satwa / Friday, March 20th, 2020

Burung adalah salah satu hewan yang sering dijadikan sebagai peliharaan. Mudahnya dalam merawat hewan inilah yang membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Burung yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah burung prenjak.

Burung prenjak ini adalah burung yang memiliki banyak jenis. Setiap jenis dari burung prenjak ini mempunyai ciri yang berbeda – beda. Setiap burung mempunyai ciri khasnya tersendiri. Salah satu keistimewaan yang dimiliki burung ini adalah mempunyai suara kicauan yang lantang.

Burung prenjak mempunyai tubuh yang kecil. Walaupun mempunyau ukuran tubuh kecil, suara burung ini sangat lantang. Burung prenjak ini adalah salah satu sebutan dari burung ini. Burung ini bisa ditemui dengan mudah di beberapa wilayah yang tersebar di dunia. Setiap wilayah mempunyai julukannya sendiri untuk burung prenjak ini.

Sebutan Burung Prenjak di Beberapa Wilayah

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Memelihara burung tidaklah hanya sekedar memelihara saja melainkan harus memperhatikan berbagai hal. Termasuk jika anda ingin memelihara burung prenjak ini. Anda harus tahu burung prenjak apa saja yang memang cocok untuk menjadi hewan peliharaan.

Burung prenjak ini bisa ditemukan hidup bebas di berbagai wilayah. Bagi orang Jawa burung prenjak ini lebih dikenal dengan sebutan ciblek. Sedangkan untuk orang sSunda sendiri burung prenjak lebih dikenal dengan sebutan cinenen. Beda lagi sebutannya bagi orang Betawi yang disebut dengan burung kecici atau cici. Ketika anda mendengar burung – burung tersebut pada intinya hanya menuju satu burung yakni burung prenjak.

Burung prenjak menjadi salah satu jenis burung yang mempunyai nilai jual. Setiap jenis burung mempunyai nilai jual yang berbeda – beda. Ada yang dijual dengan harga yang mahal dan ada juga yang terjangkau. Menentukan harga burung prenjak ini tentu saja didasarkan beberapa hal. Mulai dari suara dan jenisnya mampu menentukan harga dari burung prenjak.

Lalu bagiamanakah suara burung prenjak? Suara burung prenjak ini memang cukup lantang jika dibandingkan dengan burung jenis lainnya. Badannya yang kecil mampu mematahkan pernyataan bahwa suaranya yang mungkin saja ikut kecil.  Bagi anda yang penasaran dengan suara burung ini anda bisa mulai download suara burung prenjak.

Burung Prenjak yang Cocok Dipelihara

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Tidak semua jenis burung prenjak bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Mengingat burung prenjak ini ada banyak sekali tentu saja membuat anda harus mengenal burung prenjakn yang ada. Setiap burung prenjak mempunyai keistimewaannya sendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Langsung saja mari kita bahas satu persatu burung prenjak yang bisa dijadikan sebagai burung peliharaan.

Burung prenjak kepala merah. Jenis burung ini termasuk dalam burung prenjak yang paling menarik. Suara jenis kepala merah ini juga cukup keras dan melengking. Bulu dibagian kepala mempunyai warna merah. Itulah yang menjadikan burung ini bernama prenjak kepala merah. Ukuran paling besar untuk burung jenis ini hanya mencapai 10 cm saja ketika dewasa. Keistimewaan prenjak merah ini adalah dikenal sebagai burung penjahit. Pasalnya burung ini pandai untuk menjahit sarang ketika berada di alam liar.

Burung prenjak sawah atau klik klik. Pernah mendengar jenis burung yang satu ini? Jika pernah maka anda bisa menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Corak bulunya ini hampir mirip dengan burung gereja. Harga jualnya pun terbilang sangat terjangkau dibandingkan burung jenis lainnya. Disebut sebagai prenjak sawah karena sangat mudah ditemukan di persawahan.

Burung prenjak lumut juga bisa anda pelihara. Sekilas burung ini sama dengan jenis kepala merah. Bedanya hanyalah terdapat pada bagian sayap, punggung, dan bahkan hingga bagian ekor. Jadi sangat mudah untuk dibedakan. Burung ini memang membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan burung lainnya. Walaupun begitu jika bisa dipelihara dengan baik prenjak ini tetap bisa gacor.

Burung prenjak kebun sering dipelihara oleh beberapa orang. Jika burung ini datang ke rumah maka sering dikaitkan bahwa akan ada tamu yang datang ke rumah. Memilihara burung ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan burung prenjak ini makanan ulat hongkong, hal ini dikarenakan ukuran tubuh prenjak yang terbilang kecil.

Burung prenjak alang – alang juga tidak kalah menarik untuk dipelihara. Keistimewaan burung ini adalah mempunyai suara yang khas dibandingkan jenis yang lainnya. Kicauan burung ini seperti alang – alang berbunyi clik clik clik. Itulah yang menjadikan nama burung ini burung prenjak alang – alang. Makanan burung ini paling disukai adalah ulat kandang. Tentu saja untuk perawatan burung ini sangat mudah untuk dirawat bagi orang yang menyukainya.

Burung prenjak coklat atau prenjak tebu. Kenapa diberi nama prenjak tebu? Hal ini dikarenakan burung prenjak ini sangat mudah ditemukan di ladang tebu. Warnanya yang coklat juga membuat burung ini mudah dikenali dan berbeda dengan burung jenis lainnya. Itulah beberapa jenis burung prenjak yang paling sering dan cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tentunya masih ada banyak jenis prenjak lainnya yang bisa anda jadikan sebagai burung peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *