Manfaat Batang Jagung Yang Memiliki Nilai Jual


Umum / Thursday, May 14th, 2020

Tanaman Jagung mempunyai bentuk batang yang tidak memiliki cabang dan batangnya memiliki bentuk silindris dengan ruas seperti buku-buku. Pada ruas seperti buku-buku tersebut akan menumbuhkan tongkol jagung. Di bagian tunas paling atas umumnya tongkol jagung akan memproduksi biji jagung atau buah jagung.

Jaringan Utama Pada Batang Jagung

Pada batang jagung memiliki 3 jaringan utama, seperti :

  • Bagian epidermis atau bagian kulit luar
  • Bagian bundles vaskuler atau bagian jaringan pembuluh
  • Bagian pith atau busat batang

Batang jangung memiliki karakter batang tegak seperti batang tebu. Batang jagung berkrakteristik kokoh tapi tidak memiliki gignin yang banyak. Fungsi dari batang pada jagung ini adalah sebagai transportasi zat makanan dari akar ke bagian atas untuk menumbuhkan daun dan biji jagung.

Manfaat Batang Jagung Yang Memiliki Nilai Jual

Dan ternyata Batang jagung memiliki beberapa manfaat yang memiliki nilai jual tersendiri, tidak hanya memiliki nilai jual pada bagian daun dan buah jagungnya saja. Berikut ini ada beberapa manfaat batang jagung yang memiliki nilai jual atau bermanfaat untuk bahan olahan pakan.

1. Pakan Ternak

Batang Jagung ternyata memiliki manfaat cukup baik untuk digunakan sebagai pakan ternak. Terutama dijadikan untuk pakan ternak Sapi. Untuk dapat diberikan pakan untuk ternak, batang jagung harus di cacah terlebih dahulu. Kelebihan dari pemberian pakan batang jagung ini, kotoran sapi menjadi tidak berbau menyengat. Jadi, ketika kalian memiliki kebun jagung, batang jagung setelah pemanenan jagung bisa ditawarkan ke peternak sapi.

2. Pupuk Kompos

Selain sebagai pakan ternak, ternyta batang jagung masih memiliki manfaat dan nilai jual lain dengan dijadikan sebagai pupuk kompos. Pada batang jagung di dalamnya mengandung selulosa yang dapat diuraikan oleh mikro organisma dengan baik sehingga dapat digunakan sebagai pupuk kompos. Cara pembuatan pupuk kompos dari batang jagung juga cukup mudah, karena hanya membutuhkan kotoran hewan, EM4 dan batang jagung.

Itulah 2 manfaat yang bisa di dapatkan dari batang jagung. Jadi jika kalian adalah petani jagung, sekarang ini setelah panen jagung kalian dapat mengolah batang jagung untuk di jual ke peternak sapi atuapun diolah menjadi pupuk kompos.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *