Langkah-Langkah Merawat Tanaman Melon Agar Hasil Panen Melimpah


Umum / Thursday, March 12th, 2020

Melon merupakan jenis buah yang banyak disukai oleh berbagai kalangan usia. Karena buah melon tersebut memiliki rasa yang manis, segar dan renyah saat dimakan. Buah ini juga mudah diperoleh di berbagai toko buah, pasar tradisional hingga supermarket. Harganya yang terjangkau menjadikan buah ini bisa dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dibalik buah melon yang segar dan nikmat tersebut ternyata ada proses menanam, merawat hingga panen yang tidaklah mudah. Supaya buah melon memiliki panen yang melimpah dan hasilnya memuaskan maka buah melon tersebut harus dirawat dengan baik saat penanamanya. Untuk menambah wawasan anda mengenai perawatan buah melon maka berikut ini akan diberikan langkah-langkah yang perlu anda ketahui.

  1. Memasang Ajir
    Perawatan buah melon dilakukan dengan memasang ajir atau tongkat penyangga pohon melon. Tujuan dari pemasangan ajir ini yaitu agar buah melon tidak bersentuhan dengan tanah sehingga buah tersebut tetap bersih. Ajir tersebut juga dibuat supaya penetrasi sinar matahari dapat tersebar secara merata ke semua bagian tanaman. Pastikan memasang ajir tersebut sebelum tanaman melon berusia 3 hari agar ajir yang dipasang tidak melukai akar melon. Biasanya ajir yang digunakan berukuran 1,5 meter dan ditancapkan secara menyerong dengan ujung atas condong ke arah bedengan sehingga bisa asling bersilangan dengan ajir lainnya.
  2. Menyiram
    Pada usia seminggu pertama, tanaman melon harus disiram saat sore hari saja. Setelah itu penyiraman dilakukan cukup dua hari sekali. Ketika musim hujan tiba, drainase harus dipastikan berfungsi dengan baik supaya tidak ada air yang menggenang di lahan.
  3. Penjarangan dan Penyulaman
    Setelah bibit melon berusia dua minggu dan menunjukkan pertumbuhan yang tidak normal maka bibit harus dicabut lalu diganti dengan yang baru.
  4. Pemupukan Susulan
    Sesudah tanaman berusia satu minggu maka tanaman melon siap diberikan pupuk susulan. Sebaiknya gunakan pupuk caur untuk pupuk susulan baik organik maupun pupuk kimia.
  5. Penyerbukan
    Saat musim kemarau tiba, penyerbukan tanaman melon akan dibantu oleh serangga. Namun saat musim hujan, penyerbukan harus dilakukan secara buatan supaya kualitas tanaman melon tetap baik.
  6. Hama dan Penyakit
    Daerah tropis menjadikan budidaya melon memang cukup sulit di Indonesia dan tentunya lebih rentan hama maupun penyakit. Petani perlu melakukan kultur teknis untuk mengatasi masalah tersebut.

Itulah beberapa informasi langkah-langkah perawatan tanaman melon yang bisa anda terapkan. Merawat tanaman melon dengan baik menjadikan pohon melon tumbuh subur dan menghasilkan buah melon yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *