Kunyit: Manfaat, Ciri-ciri, dan klasifikasi Kunyit


Budidaya / Monday, March 9th, 2020

Kunyit dikenal sebagai tanaman rempah sekelas dengan jahe, temulawak, dan kencur. Kunyit juga dikenal sebagai tanaman herbal yang biasa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Manfaat kunyit sendiri sudah terkukti secara klinis. Sudahkah kamu mengetahui apa saja manfaat dari kunyit ini? Seperti apa ciri dan klasifikasi kunyit? Berikut informasi mengenai kunyit.

 

Manfaat Dari Kunyit

Kunyit memang kaya akan kurkumin yang bermanfaat untuk kesehatan. Beikut beberapa manfaat kunyit bagi tubuh yang harus kamu ketahui.

  1. Antiseptik alami

Kunyit bermanfaat untuk mengobati gatal dan sebagai obat antiseptik. Caranya dengan dibuat ramuan dari kunyit lalu rebusannya diminum secara teratur.

 

  1. Mendinginkan badan

Ketika kamu mengalami demam, maka mengonsumsi kunyit bisa membantu meredakan panas. Karena kunyit bekerja mendinginkan badan dan menormalkan suhu tubuh.

 

  1. Membersikan tubuh

Akar dari kunyit dimanfaatkan oleh wanita untuk dibuat jamu kunir asem agar membantu membersihkan darah kotor ketika masa menstruasi. Ada perubahan hormon ketika menstruasi dan bau tidak sedap, kunyit bekerja untuk membersihkan itu semua.

 

Ciri-ciri Tumbuhan kunyit

Tanaman kunyit atau perennial tumbuh dengan baik tanpa memerlukan perawatan khusus. Bentuk dari tanaman kunyit sendiri terdiri atas bunga, daun, batang, dan akar. Tanaman kunyit dikenal melalui bentuk daunnya. Bentuk daun dari tanamn kunyit berbentuk elips dan disetiap tanamannya terdapat 5-15 helai daun dengan panjang 85 cm dan lebar 25 cm berwarna hijau tua. Bunga dari kunyit berwarna putih agak pucat dan berada dirimpanganya pada bagian batang yang panjangnya mencapai 10-15 cm dan lebarnya 3 x 1,5 cm.

 

Klasifikasi Tanaman Kunyit

Klasifikasi kunyit dikelompokan atas kingdom yaitu Plantae (tumbuhan), subkingdom tumbuhan berpembuluh atau Tracheobionta. Devisi, Magnoliophyta (tumbuhan berbunga), kemudian kelasnya adalah Liliopsida atau monokotil. Subkelasnya Zingiberidae. Orfo, Zingiberales. Masuk famili Zingiberaceae. Genus, Curcuma dan termasuk Spesies Curcuma longa.

 

Seperti itulah informasi mengenai tumbuhan kunyit. Kini kamu telah mengetahui manfaat, ciri-ciri hingga klasifikasi kunyit.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *