Contoh Penulisan Kata Pengantar Bahasa Inggris


Pendidikan / Wednesday, January 8th, 2020

Kata pengantar merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah makalah ataupun skripsi. Walaupun isinya hanya beberapa paragraf saja tetapi bagian kata pengantar sangtlah penting untuk memperkenalkan sebuah makalah yang kalian buat. Jenis kata pengantar sekarang ini ada beragam dan berbeda-beda.

 

Seperti kata pengantar makalah, kata pengantar karya ilmiah, kata pengantar perjalanan, kata pengantar laporan dan masih banyak jenis kata pengantar lainnya. Kata pengantar pun ada pada buku-buku ataupun novel, yang memuat beberapa informasi seperti si pengarang buku tersebut.

Jika kita sering melihat kata pengantar pada buku, kata pengantar pada sebuah karya ilmiah akan berbeda.

 

Kata pengantar yang ada pada karya tulis ilmiah biasanya menggunakan kalimat yang baku dan lebih formal. Adapun jenis kata pengantar yang dibuat menggunakan bahasa indonesia danjuga bahasa inggris.

 

Kata pengantar yang menggunakan bahasa inggris biasanya dibuat oleh para mahasiswa jurusan bahasa inggris yang diberi tugas oleh dosen untuk membuat makalah atau skripsi menggunakan bahasa inggris.

 

Walaupun menggunakan bahasa inggris, tetap saja mekalah atau skripsi yang dibuat tetap harus menggunakan bahasa inggris yang formal di setiap katanya. Oleh karena itu untuk kalian yang masih kesulitan membuat kata pengantar menggunakan bahasa inggris, dibwah ini akan saya berikan tips tentang tata cara membuat kata pengantar menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar.

 

Tetapi sebelum masuk kedalam tata cara pembuatan kata pengantar berbahas inggris yang baik dan benar, ada kalanya kalian harus memperhatikan terlebih dahulu tentang tata Cara Penulisan Kata Pengantar yang baik dan benar berikut ini.

Cara Penulisan Kata Pengantar Bahasa Inggris

1. Penggunaan kata ganti orang ke 3

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bhawa jika kita membuat sebuah makalah atau skripsi, pada bagian kata pengantarnya jangan sekali kali menggunakan kata ganti orang ke 3 seperti Aku, Kami, atau Saya. Akan lebih baik jika menggunakan kata ganti orang ke 3 yaitu Penulis.

stocksnap.io

2. Paragraf pertama berupa ucapan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Pada paragraf pertama kata pengantar, berupa ucapan puji syukur terhadap tuhan yang maha esa. Contohnya : Puji syukur senantiasa penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt, atas limpahan karunia dan berkahnya.

 

3. Paragraf kedua menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari karya ilmiah tersebut.

Di paragraf kedua ini kalian menjelaskan tentang isi dari makalah atau skripsi yang kalian buat berupa menampkan judulnya, dan mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu menyelesaikan tugas kalian ini.

 

4. Paragraf ketiga merupakan akhir kalimat kata pengantar

Di akhir kalimat kata pengantar ini berisikan ucapan permintaan maaf kepada pembaca, jika isi dari karya tulis yang alian buat belum sesuai atau masih terdapat banyak kesalahan.

 

Struktur Penulisan Karya Tulis

Sepertinya tidak lengkap rasanya jika kita membahas tentang kata pengantar tanpa membahas tentang cara menuliskan karya tulis yang baik dan juga benar. Oleh karena itu sekalian saja akan saya jelaskan tentang tata cara penulisan karya tulis ilmiah berikut ini.

Cover/sampul

Cover/sampul ini biasanya berisikan logo sekolah atau perguruan tinggi kalian, dan juga disertai dengan identitas kalian seperti nama, kelas, jurusan/ fakultas dan tahun pembuatan karya tulis tersebut.

Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan kalimat awal yang menghubungkan antara bab dan isi karya tulis. Cara membuat kata pengantarpun sudah saya jelaskan di atas tadi.

Daftar Isi

Daftar isi merupakan hal atau permasalahan yang akan kalian paparkan sebagai bahan evaluasi kalian terhadap sebuah hal.

BAB

Bab pada karya tulis ilmiah ini terdiri dari tiga sub bab yaitu bab 1 pendahuluan, bab 2 pembahasan dan bab 3 penutup.

Daftar Pusaka

Daftar pusaka merupakan sebuah halaman yang memuat tentang informasi dari mana saja kalian dapat menyusun laporan tersebut. Jika kalian menyusun alaporan tersebut yang bersumberkan dari internet, maka kalian perlu mencantumkan link yang telah kalian gunakan tadi untuk dimasukan di daftar pusaka.

stocksnap.io

Lampiran

Lampiran ini bisa digunakan untuk melengkapi berkas-berkas pendukung yang bisa kalian gunakan seperti gambar-gambar ataupun catatan-catatan yang bisa kalian gunakan untuk melengkapi karya tulis kalian. Tetapi jika tidak menggunakan itu semua juga tidak masalah.

 

Sebenarnya untuk membuat sebuah kata pengantar berbahasa indonesia atau bahasa inggris memiliki struktur yang sama. Bedanya hanya penggunaan bahasanya saja yang berbeda. Tetapi kalian bisa menggunakan beberapa bahasa inggris ini yang sudah sangat familiar untuk digunakan seperti Bless/diberkahi, Process of Writing/penulisan, Writer/penulis, Many Individual/banyak pihak dan masih banyk lainnya.

 

Untuk ucapaa pemujian kepada tuhan, kalian bisa menggunakan kata-kata ini Thanks to Allah SWT because of the help of Allah. Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang cara membuat kata pengantar berbahasa inggris.

 

Jadi intinya baik kalian menggunakan bahasa indonesia ataupun bahasa inggris untuk membuat sebuah kata pengantar, sebenarnya tidak ada perbedaan antar keduanya karena sama-sama memiliki struktur yang sama. Bedanya hanya pada penggunaan bahasanya saja. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *