Kandungan Gizi Tempe Yang Tak Kalah Dengan Kimchi


Umum / Tuesday, April 14th, 2020

Kandungan gizi tempe nyatanya sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungannya bahkan lebih unggul dibandingkan kimchi yang berasal dari Korea.

Bagi pecinta drama Korea atau Kpop pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan fermentasi sehat khas Korea yang bernama Kimchi. Tidak kalah dengan kimchi, Indonesia juga mempunyai makanan tradisional yang sehat yang sudah diakui oleh Dunia yaitu tempe.

Tempe sendiri memiliki nutrisi yang sangat penting berupa protein. Protein yang dimaksud adalah probiotik dan prebiotik. Keduanya muncul dari hasil fermentasi.

Probiotik adalah bakteri baik yang ada di usus manusia yang bermanfaat untuk meningkatkan system immune manusia.  Probiotik ini dapat membantu mencegah infeksi, diare, alergi dan masalah pencernaan lainnya terutama pada anak.

Bakteri ini ternyata juga memerlukan asupan makanan berupa prebiotik.  Meski tidak bisa dicerna di usus manusia, prebiotik ini tetap dibutuhkan karena berfungsi untuk menjaga jumlah bakteri baik agar tidak berkurang.

Agar kandungan gizi tempe tetap terjaga, akan lebih baik diolah tanpa digoreng karena protein, probiotik dan prebiotik akan mati dalam suhu panas lebih dari 55oC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *