Kabupaten Pesisir Selatan


Umum / Tuesday, October 29th, 2019

Berada di Provinsi Sumatra Barat, Kabupaten Pesisir Selatan letaknya di pinggir pantai dan memiliki garis pantai sepanjang 218 kilometer. Sedangkan luas total wilayah kabupaten ini 5.749,89 Km2 dengan jumlah penduduknya sebanyak 420.000 jiwa. Painan adalaha ibukota Kabuapten ini.

Tentang Kabupaten Pesisir Selatan

Sebanyak 45, 29 persen wilayah kabupaten ini merupakan kawasan  hutan. Taman Nasional Kerinci Seblat, sebuah kawasan Cagar alam juga bagian dari kawasan hutan di kabupaten ini. Beberapa bagian alam lainya berupa gunung, dataran dan perbukitan bagian dari gugus Bukit Barisan. Kabupaten Pesisir Selatan memiliki tiga wilayah utama. Bandar Sepuluh, Tarusan Bayang salido Painan dan Renah Indojati.

Potensi Ekonomi

Kabupaten Pesisir Selatan terdiri dari 15 Kecamatan dan 182 Desa. Pertanian merupakan matapencaharian sebagian besar penduduknya, utamanya tanaman pangan.  Beberapa sektor potensial dan unggulan di kabupaten ini diantaranya perkebunan, pertambangan dan pariwisata.

 Di sektor perkebunan, sawit menjadi komoditas cukup berkembang sejak beberapa tahun terakhir. Lokasi perkebunan Sawit ini di Kecamatan Pancung Soal, Lunang Silaut dan Kecamatan Ampek Balai. Pengelolaan Sawit ini melibatkan investor. Untuk kapasitas produksinya, mencapai 4.000 ton perharinya.

Pariwisata

Kabupaten Pesisir Selatan menyimpan berabgai keindahan alam eksotis. Selain wisata alam, juga terdapat wisata budaya dan sejarah. Berikut ini beberapa wisata terkenal di Kabupaten Pesisir Selatan antara lain :  Bendungan Amping Parak Timur atau Teratak Panas, Mandeh atau Koto XI Tarusan,  Taluak Sikulo (Tarusan), Pantai Batu kalang, dan Pantai Mandeh .

Selain itu, juga terdapat wisata lainya yakni Pulau Cubadak, Pulau Keong (Batang Kapas), ,  Puncak Langkisau, Jembatan Akar (Bayang Utara), Benteng Portugis, Air Yerjun Bayang Sani, Istana Mande Rubiah, Pantai Pasir Putih, dan beberapa tempat wisata lainya seperti Pantai Sembungo,  Bekas Penambangan Emas, dan Bekas Kerajaan Indrapura.

Makanan Khas

Selain banyak tempat wisata yang bisa dikembangkan, Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki makanan khas lezat. Yakni rendang lokan, dari kerang hijau, cangkangnya hitam. Lokan ini banyak berada di muara sungai batang tarusan dan sungai indrapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *