Jenis Sapi


Peternakan / Tuesday, January 7th, 2020

Sapi adalah salah satu hewan ternak terkemuka yang selalu dibudidayakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari daging, kulit, hingga susunya, bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Tak hanya lezat, daging sapi juga banyak sekali gizinya. Tak heran, jika harga daging sapi selalu dipatok harga paling tinggi di pasaran.

Jenis sapi yang seringkali dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan adalah sapi potong. Alhasil, sapi potong pun sangat laku di pasaran, terlebih saat hari-hari besar. Bahkan, harganya pun bisa menjadi sangat tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Perlu diketahui, ada beberapa jenis sapi potong dengan kualitas unggulan. Apa saja? Simak yang berikut.

Jenis Sapi Potong Kualitas Unggulan

  1. Sapi Limousin

Merupakan salah satu jenis sapi potong yang berasal dari Eropa, tepatnya dari negara Perancis. Sapi ini banyak dicari di Indoensia karena bobotnya sangat besar dan pertumbuhannya cepat. Sapi Limousin bisa tumbuh sekitar 1,1 kg/hari. Hingga dewasa, Limousin jantan dewasa mampu mencapai 1100 kg dan betina 500 kg.

  1. Sapi Brahma

Dinamakan Brahma, karena sapi ini berasal dari India. Sapi Brahma merupakan sapi potong terbaik yang sangat direkomendasikan untuk dibudidayakan, karena kualitasnya sangat baik. Fisiknya pun sangat kuat, karena itulah sapi Brahma menarik perhatian peternak asal Amerika untuk dikembangbiakkan. Pertumbuhan sapi jenis ini mencapai 0.8 kg/hari.

  1. Sapi Angus

Angus merupakan jenis sapi yang berasal dari Eropa, tepatnya dari Inggris dan Skotlandia. Sapi Angus memiliki kandungan lemak yang sangat sedikit dan memiliki serat-serat yang padat, karena itulah sapi jenis ini banyak dicari. Daya tahan tubuhnya kuat, serupa dengan sapi Brahma, sehingga sapi jenis ini bisa beradaptasi dengan baik dalam segala cuaca.

  1. Sapi Beefalo

Sapi Beefalo merupakan jenis sapi hasil persilangan antara sapi Catallo yang merupakan sapi lokal asal Amerika dengan bison Amerika. Hasilnya, sapi memiliki bobot besar dan kuat. Keunggulan kualitas sapi Beefalo, yaitu rendah lemak, rendah kolestrol jahat, dan tinggi protein, dibandingkan dengan sapi pada umumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *