Jenis jenis dari Truk Derek


Umum / Tuesday, December 31st, 2019

Jika kita berbicara truk, pastinya akan sangat banyak tema yang bisa kita bahas. Namun kali ini kita akan berbicara mengenai truk derek. Seperti yang kita ketahui truk derek merupakan salah satu jenis truk yang sangat sering kita lihat keberadaanya. Akan tetapi yang belum banyak orang tahu, sebenarnya truk derek memiliki beberapa macam variasi berdasarkan bentuk dan juga cara kerjanya. Berikut adalah beberapa jenis dan cara dari masing – masing jenis Truk derek dalam bekerja yang harus anda ketahui.

  1. Derek Tarik

Yang pertama ini mungkin sudah cukup sering kita lihat, ya Truk derek ini memiliki cara lama dalam membawa kendaraan lainnya yakni dengan ditarik. Derek jenis Tarik ini biasanya menggunakan sling atau pun tali berukuran besar untuk menarik kendaraan lain yang mogok, mekanisme Tarik yang digunakan ini sama dengan ketika mobil pribadi anda menarik mobil lainnya yang mogok.

  1. Derek Gendong

Untuk yang satu ini ada yang menyebutnya sebagai derek towing dan sering juga dikenal sebagai derek gendong, ini merupakan jenis Truk derek di mana cara membawa kendaraan lainnya dengan cara digendong. Jenis Truk derek ini sekilas mirip dengan container biasa namun tanpa adanya tutup di samping maupun atasnya.

Selain itu, terdapat juga katrol kecil yang akan menarik mobil yang akan digendong agar bisa naik ke truk ini dengan mudah serta 4 sling lainnya yang akan mengikat masing – masing roda mobil gendongan tersebut. Selain itu juga ada yang menggunakan system hidrolik yang memungkinkan gendongannya untuk turun secara otomatis sehingga sangat cocok untuk beberapa mobil ceper dengan ground clearance kecil.

  1. Derek Boom

Hampir sama dengan Truk derek gendong, jenis boom ini lebih lengkap karena telah dibekali dengan sebuah crane di bagian belakang yang sanggup mengangkat mobil untuk naik ke gendongan. Jenis yang satu ini sangat cocok untuk menangani kasus kecelakaan di mana truk derek harus mengangkat mobil korban yang berada di sungai atau jatuh ke jurang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *