Inilah Pengertian Dan Fungsi Dari ISO 5001 Dalam Perusahaan


Bisnis / Saturday, December 28th, 2019

Seperti yang kita tahu pertumbuhan industri yang sangat pesat dalam sebuah negara akan mempengaruhi pertumbuhan ekonominya. Sama halnya dengan Indonesia yang juga mengalami perkembangan dalam sektor industri dan berdampak pada kondisi perekonomian nya. Pertumbuhan industri yang cukup signifikan tersebut ternyata tidak selalu memberikan dampak positif.

Mengapa demikian? Meski dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, nyatanya industri dapat menghabiskan energi yang begitu besar. Untuk meminimalisir hal tersebut ISO atau the International Organization for Standardization mengeluarkan sebuah standar manajemen yang berkaitan dengan energi yang bernama ISO 5001. Apa fungsi dari standar manajemen ini? Simak ulasannya berikut

Informasi Seputar Sertifikat ISO 5001

pixabay.com

Tentang ISO 5001

Apa itu ISO 5001? Sebagian tentu sudah tidak asing dengan standar manajemen yang satu ini. ISO 5001 merupakan sebuah standar manajemen yang digunakan untuk mengelola kinerja energi agar pemakaiannya lebih efektif dan juga efisien. Untuk konsepnya sendiri, ISO 5001 ini menggunakan model sistem manajemen yang menggunakan pendekatan siklus plan, Do, Check dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, ISO 5001 dirancang untuk membantu perusahaan atau organisasi agar lebih baik lagi dalam menggunakan aset energi. Dengan adanya standar manajemen ini perusahaan dapat mengevaluasi dan juga memprioritaskan teknologi hemat energi. Sehingga dapat mendorong efisiensi pada seluruh rantai suplai.

Bagaimana Tingkat Keberhasilan ISO 5001?

Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan implementasi ISO 5001 ini sangatlah mudah. Umumnya keberhasilan ISO 5001 tergantung dari komitmen dari semua tingkatan dan fungsi organisasi dalam sebuah perusahaan terutama manajemen puncak. Dalam hal ini manajemen puncak harus mampu menunjuk wakil manajemen yang dapat memastikan bahwa sistem manajemen dapat berjalan efektif.

Efektif yang dimaksud disini yakni telah mematuhi persyaratan ISO 5001, menentukan metode yang tepat, dan melaporkan kepada bagian manajemen puncak terkait kinerja dan efektivitas dari sistem manajemen energi tersebut.

Tujuan ISO 5001

Berbicara tentang tujuan, sebenarnya tujuan keseluruhan ISO 5001 yakni untuk mendukung organisasi atau perusahaan dalam upaya untuk menyusun dan mengimplementasikan sebuah sistem manajemen energi yang komprehensif. Dengan adanya ISO 5001 ini bisa membantu sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang berhubungan dengan energi yang sistematis.

Dalam sebuah ISO 5001 ini juga memiliki struktur dalam pelaksanaan yang mencangkup berbagai macam hal. Seperti menentukan kebijakan energi, melakukan proses perencanaan kerja, menentukan tujuan energi, target dan juga rencana kerja. Selanjutnya dilakukan pengawasan yang sistematis, melakukan potensi penghematan dan meningkatkan kinerja energi.

Manfaat dan Langkah Penerapan ISO 5001

pixabay.com

Manfaat ISO 5001

Secara umum ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika sebuah perusahaan menerapkan sistem manajemen atau ISO 5001. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini:

  1. Adanya ISO 5001 ini dapat mengurangi emisi udara seperti gas rumah kaca sehingga dapat menjaga lingkungan.
  2. Dapat mengurangi biaya operasional dan overhead perusahaan yang mana dapat menyebabkan peningkatan profitabilitas perusahaan.
  3. Dengan menggunakan standar manajemen energi dapat meningkatkan efisiensi dalam penggunaan energi.
  4. Meningkatkan kepastian hukum dan kepatuhan internal
  5. Dapat mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi penggunaan energi dan konsumsi.
  6. Dapat meningkatkan pemahaman tentang penggunaan energi secara tepat dan efektif.

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, masih banyak manfaat lainnya yakni salah satunya dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut. Adanya ISO 5001 tanpa di sadari dapat memfasilitasi kemajuan menuju lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu dapat mendorong perusahaan dalam meningkatkan efisiensi penggunaan energi dalam sebuah perusahaan.

Langkah Penerapan ISO 5001

Nah, bagi Anda yang berencana untuk menerapkan ISO 5001 ini sangatlah mudah. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk penerapan standar manajemen energi ini. Berikut ini langkah-langkah bisa Anda terapkan.

  1. Mendapatkan persetujuan dan juga dukungan dari manajemen puncak dalam sebuah perusahaan atau organisasi.
  2. Lakukan pengumpulan, pelacakan, dan menganalisis data energi yang tersedia.
  3. Melakukan identifikasi terhadap penggunaan energi kunci
  4. Menetapkan data dasar yang dibutuhkan
  5. Prioritaskan peluang yang ada.

Selain memiliki ISO 5001, perusahaan juga disarankan untuk menerapkan Sertifikat ISO 9001. Apa itu Sertifikat ISO 9001? Merupakan sebuah standar internasional di bidang sistem manajemen mutu yang mana jika sebuah organisasi mendapatkan sertifikat ini, maka telah mendapatkan pengakuan dari pihak yang independen.

Dengan adanya sertifikat tersebut dalam sebuah perusahaan, maka bisa dikatakan perusahaan tersebut telah memenuhi persyaratan secara internasional dalam hal manajemen mutu produk atau jasa. Semoga informasi di atas bermanfaat dan semakin menambah wawasan  kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *