Cari Tahu Cara Perpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Pontianak


Umum / Monday, November 18th, 2019

Saat ini hampir seluruh kegiatan dilakukan dengan menggunakan teknologi, bahkan di Indonesia pun mulai menerapkan media online untuk setiap pendaftaran setiap berkasnya. Kota Pontianak pun tak ketinggalan untuk menggunakan media online, bagi masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran maupun pepanjangan paspor. Selain dinilai lebih cepat, media online juga dirasa lebih aman. Bagi anda yang hendak­ memperpanjang paspor di kantor imigrasi Pontianak, simak caranya berikut ini.

Tahapan Memperpanjang paspor di Pontianak

Seperti yang kita tahu, hampir seluruh kegiatan telah dibantu dengan adanya media elektronik dan internet, begitu pula ketika anda ingin melakukan perpanjangan paspor. Jika dulu ketika kita ingin mengurus pembuatan maupun pendaftaran untuk berkas negara, maka kita harus bangun pagi agar mendapatkan nomor antrian.

Mengikuti perkembangan zaman saat ini, kota Pontianak pun telah memberlakukan media online. Jika anda ingin melakukan pengurusan paspor di kota Pontianak, tidak perlu lagi mengantri panjang dari pagi. Pontianak telah menggunakan pendaftaran via online, yang dapat kamu akses dimana saja.

Sehingga anda cukup datang ke kantor imigrasi Pontianak, ketika telah mendapatkan nomor antrian. Dalam website pendaftaran paspor tersebut, anda pun dapat mengetahui hari serta jam yang akan didapat untuk membuat paspor. Sehingga anda tidak perlu setiap hari ke kantor imigrasi, cukup datang di hari dan jam yang telah ditentukan sesuai dengan nomor antrian.

pickupimage.com

Pontianak Memberlakukan Pendaftaran Online

Apabila anda ingin melakukan perpanjangan paspor, maka daftarlah secara online pada pagi hari. Hal ini karena jam operasional pendaftaran online ini, dibuka pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Kamu dapat mengunjungi website imigrasi di Pontianak untuk mendaftar online, dan buatlah akun terlebih dahulu.

Umumnya pendaftaran ini sama saja dengan pendaftaran manual, hanya saja pendaftaran online dikatakan lebih praktis dan tidak membuang waktu. Namun tetap saja pembatasan kuota perharinya di batasi, umumnya kuota yang dibuka diperkirakan sekitar 100 orang saja untuk satu hari. Jika anda tidak mendapat nomor antrian pada hari tersebut, maka cobalah keesokan harinya tepat ketika pendaftaran online dibuka.

Persyaratan Dalam Perpanjangan Paspor

Setelah anda mendapatkan nomor antrian, maka segera persiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk dibawa ke imigrasi pontianak. Hindari untuk meenyiapkan berkas berkas tersebut dekat denganhari pemanggilan antrian, hal ini untuk menghindari adanya keteledoran atau kesalahan dalam membawa berkas.

Umumnya berkas yang dibutuhkan untuk mengurus perpanjangan paspor hampir sama dengan  anda pertama kali membuat paspor. Beberapa berkas tersebut berupa KTP baik asli dan fotokopi, akta kelahiran atau ijasah asli maupun fotocopy, buku nikah bagi warga yang telah menikah, paspor lama, surat keterangan kerja sebagai bukti bahwa anda pergi bukan untuk bekerja, serta surat rekomendasi bagi pendaftar yang domisili luar Jakarta, Surabaya, dan Batam.

Usahakan untuk membawa berkas yang asli dan fotokopian, sebagai cadangan apabila diperlukan. Untuk lebih amannya lagi setiap berkas digandakan sekitar 3 atau 5 lembar, untuk mensiasati hal yang kurang diinginkan. Datanglah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang tertera pada website, ketika anda mendaftar secara online.

Hal ini karena proses perpanjangan paspor pun tidak akan menunggu urutan antrian, apabila anda tidak datang tepat pada waktunya, bisa jadi anda akan terlompati dan digantikan dengan antrian selanjutnya. Apabila sudah terjadi, mau tidak mau anda pun harus kembali mengisi formulir pendaftaran online.

pickupimage.com

Kantor Imigran di Pontianak Berikan Pelayanan Terbaiknya

Kantor imigrasi Pontianak berada di Jalan Letjen Sutoyo Pontianak Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Anda dapat langsung mendatangi kantor tersebut setelah mendaftarkan diri secara online. Tahapan perpanjangan yang dilakukan di kantor ini umumnya sama yaitu tahapan wawancara, foto, serta pemberian bukti pendaftaran.

Pada tahap wawancara, tentu yang ditanyakan perilah alasan kepergian, hingga tujuan kepergian. Bagi yang belum ada rencana berpergian pun tidak masalah jika ingin membuat paspor terlebih dahulu. Karyawan yang melayani pada kantor Pontianak ini akan memberikan pelayanan ramah serta jelas, sehingga anda akan merasa nyaman dalam sesi ini.

Proses wawancara yang dilakukan pada tahap pertama ini termasuk cepat, anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk perekapan data tersebut. Sehingga tidak terlalu memakan banyak waktu. Setelah tahap wawancara, anda akan melakukan sesi foto yang juga memakan waktu sangat cepat.

Setelah sesi wawancara dan foto, maka anda akan diberikan sebuah nomor bukti pendaftaran dengan harga yang harus dibayar. Pembayaran dapat melalui beberapa bank seperti BNI, BCA, dan bank Mandiri. Atau anda juga dapat langsung membayar ke kantor pos terdekat dengan harga sekitar Rp 3600 ribuan.

pickupimage.com

Setelah pembayaran telah dilakukan, maka kini anda tinggal menunggu waktu untuk pengambilan paspor baru anda. Simpan bukti pembayaran tersebut untuk mengambil paspor anda nantinya. Anda bisa menanyakan kepada petuas kapan pastinya paspor dapat diambil. Seluruh proses yang cepat dan pelayanan yang ramah dari petugas kantor imigrasi Pontianak, tidak akan menyulitkan proses perpanjangan paspor anda.

Dahulu proses perpanjangan dirasa sangat menyusahkan dan lama. Namun kini di Pontianak telah menyediakan pendaftaran online, untuk mepermudah dan mempercepat proses pemanjangan paspor anda. Pontianak tidak hanya menyediakan fasilitas kemudahan proses pengurusan paspor, namun juga menyediakan beberapa perumahan pontianak terbaru yang murah dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *