Habiskan Akhir Pekan Di Istana Kepresidenan


Umum / Monday, December 2nd, 2019

Istana Kepresidenan Jakarta memiliki tiga tempat yang biasa digunakan Presiden dalam menjalankan kegiatannya, antara lain Istana Merdeka, Istana Negara dan Kantor Presiden. Istana Merdeka biasanya digunakan untuk penyelenggaraan acara-acara kenegaraan, seperti Peringatan Hari Kemerdekaan, upacara penyambutan tamu negara, penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat.

 

Istana Negara biasanya digunakan untuk pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional, serta untuk tempat menjamu bagi tamu dalam jumlah besar.

Selanjutnya,

 

Kantor Presiden biasa digunakan untuk Presiden menggelar rapat terbatas dengan jajaran kabinetnya. Selain itu, di Kompleks Istana Kepresidenan juga terdapat Wisma Negara, Kementerian Sekretariat Negara, Kantor Sekretaris Kabinet dan Kantor Sekretaris Militer dan juga Kantor Staf Kepresidenan.

 

Dalam rangka merayakan 100 Tahun Kebangkitan Nasional dan Visit Indonesia Year 2008, Istana kepresidenan Indonesia membuka program tur istana dengan konsep yang jelas, terjadwal, dan birokrasi yang lebih mudah.

 

Program Wisata Istana Untuk Rakyat (ISTURA)

Dengan program tersebut,  Anda dapat berfoto layaknya para pemimpin negara RI. Tak hanya itu, wisata ini menawarkan tur keliling Istana Merdeka, tempat presiden melakukan aktifitas dan menjamu para tamu kenegaraan.

 

Istana Merdeka terletak di dalam komplek Istana Kepresidenan yang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Istana Merdeka yang menghadap Monumen Nasional (Monas), Istana Negara yang menghadap jalan Veteran yang merupakan tempat tinggal seluruh keluarga Presiden, Masjid Baiturahman, Wisma Negara, dan Kantor Presiden. Program ISTURA ini hanya boleh dilakukan di Istana Merdeka, dan tidak semua bangunan bisa dikelilingi.

 

Buka pada Akhir Pekan

Untuk sementara, Wisata Istana ini akan dibuka pada Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00-16.00 dengan batas pendaftaran pukul 15.00.

 

Apabila pada hari itu terjadi hujan dan ada kegiatan Presiden yang dilaksanakan di Istana Merdeka, pada saat bersamaan, maka tur tersebut akan ditutup sementara. Namun, program tur ini direncanakan dibuka lima hari dalam seminggu, yakni Selasa-Kamis, dan Sabtu-Minggu. Sementara Senin dan JUmat akan ditutup.

 

Pemandu Wisata

Ingin berkeliling istana Merdeka tapi masih ragu? Tenang! Program tur ini sudah mempersiapkan pemandu wisata yang telah dididik secara khusus untuk memandu pengunjung. Mereka direkrut dari Kowad, Kowal, Wara, dan Polwan, sejumlah 18 orang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *