Tips Menghasilkan Fotografi Pernikahan yang Menarik


Umum / Tuesday, November 19th, 2019

Tidak mudah menghasilkan fotografi pernikahan yang bagus. Ada teknik-teknik tertentu yang harus dipahami agar hasilnya maksimal, meski tetap tidak bisa memastikan hasilnya selalu menarik. Alasannya, karena jam terbang membawa pengaruh besar terhadap fotografi yang dihasilkan.

Terlepas dari itu, berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan oleh seorang fotografer?

Catat Baik-Baik Rencana Pemotretan

Pemotretan ada yang digunakan sebagai dokumentasi pernikahan, tetapi ada juga yang digunakan untuk kebutuhan lainnya. Seperti pemotretan untuk kebutuhan undangan pernikahan fotografi pernikahan, misalnya, atau untuk kebutuhan banner pernikahan.

Untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut, catatan yang dibuat tentu berbeda. Tapi yang pasti, tanggal pengambilan foto harus dicatat agar fotografer benar-benar mengosongkan waktu pada hari itu. Catatan lain adalah tentang konsep pemotretan dan peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, Anda bisa menambahkan catatan tersendiri.

Pada pemotretan untuk kebutuhan dokumentasi pernikahan, catatan yang paling penting adalah momen apa saja yang ingin diabadikan gambarnya. Ini perlu dilakukan agar tidak ada momen yang terlewatkan. Di luar momen tersebut, fotografer bisa mengambil gambar apapun untuk mengabadikan suasana. Tentu sangat menarik.

pxhere.com

Meninjau Lokasi Acara

Meninjau lokasi terlebih dahulu akan membuat Anda paham medan yang akan digunakan. Artinya, sejak awal sebelum acara berlangsung, Anda sudah akan membayangkan dari sudut mana saja Anda akan mengambil gambar. Dengan begitu, potensi Anda menghasilkan fotografi pernikahan yang bagus akan semakin besar.

Lain hal jika Anda tidak mengenal lokasi terlebih dahulu. Anda harus memikirkan sudut pengambilan, juga memikirkan gambar yang bagus. Itu pun belum tentu Anda akan mendapatkan posisi berdiri yang pas karena banyaknya benda-benda di tempat acara pernikahan tersebut. Belum ditambah jika ternyata pencahayaan yang ada kurang dari cukup. Akan sangat repot bukan.

Persiapkan Peralatan Sebaik Mungkin

Kamera, baterai, memori, perhitungkan baik-baik barang-barang tersebut. Sebab, saat eksekusi sudah dilakukan, Anda sudah tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal itu. Anda tidak akan memiliki waktu untuk mencharger baterai yang low. Anda juga tidak akan memiliki banyak waktu jika memori atau kamera Anda bermasalah.

Karena itu, sekali lagi persiapkan baik-baik. Pastikan kamera Anda berfungsi dengan baik. Pastikan pula Anda telah mempersiapkan lensa jika Anda memerlukannya, termasuk dengan kebutuhan alat pencahayaan.

pxhere.com

Ambil Gambar sebagai Pemanasan

Ambil gambar apapun sebelum Anda benar-benar memulai eksekusi. Anda bisa memotret kursi, orang-orang yang tengah lalu-lalang, atau memotret dekorasi pernikahan.

Silakan Anda lihat hasilnya. Jika hasilnya bagus, artinya Anda benar-benar sudah siap untuk eksekusi saat acara sudah dimulai. Jika hasilnya kurang bagus, Anda masih memiliki waktu untuk melakukan sesuatu agar foto yang dihasilkan nanti benar-benar maksimal.

Pahami Susunan Acara Baik-Baik

Jangan sampai momen yang harus Anda abadikan terlewat. Dengan mengetahui baik-baik susunan acara, mental Anda akan siap untuk mengambil momen sebaik mungkin. Anda juga bisa lebih tenang dan memiliki waktu cukup untuk memikirkan banyak hal tentang cara mendapatkan foto yang baik.

Perhatikan Arah Cahaya

Dalam pengambilan gambar, arah cahaya sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, cahaya ini akan berpengaruh pada bayangan yang bisa mengganggu hasil jepretan Anda. Pengambilan gambar tanpa memperhatikan arah cahaya akan membuat foto terlihat gelap.

Pastikan pula, cahaya yang datang dari arah depan lebih terang daripada cahaya yang datang dari arah belakang. Jika Anda mengambil gambar dalam kondisi cahaya dari arah belakang lebih terang, gambar yang dihasilkan akan gelap. Semakin terang cahaya dari belakang, maka akan semakin gelap foto yang dihasilkan.

Bagaimana jika kondisi tidak memungkinkan dan Anda terpaksa mengambil gambar dengan cahaya dari arah belakang lebih terang? Tambahkan lampu atau perlengkapan semacamnya. Biasanya hal ini akan membantu agar fokus gambar tetap terlihat.

pxhere.com

Perhatikan Ukuran Frame

Mengerti ukuran frame membuat Anda paham, berapa banyak orang yang bisa dimasukkan ke dalamnya. Pastikan wajah masing-masing orang yang masuk dalam frame tersebut terlihat jelas. Sebab, memaksa banyak orang dalam satu frame membuat masing-masing orang justru tidak terlihat. Tentu hal itu sangat mengecewakan.

Dan akhirnya, berkreasilah untuk mendapatkan hasil fotografi sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *