Alasan Kenapa File Disimpan dengan Format PDF


teknologi / Tuesday, April 14th, 2020

Penyimpanan file dengan format doc memang masih banyak digunakan. Namun, sering berjalannya waktu, kini semakin banyak juga orang yang lebih suka menyimpan file dengan format pdf.

Mungkin Anda juga melakukan hal yang sama. Tanpa Anda sadari, Anda sering menerima file orang teman dengan format pdf. Begitu juga sebaliknya. Akhir-akhir ini banyak orang yang meminta file yang Anda buat disimpan dalam format pdf.

Lalu, apakah Anda tahu mengapa banyak file disimpan dengan format pdf?

Alasan Mengapa Menyimpan File PDF

Setiap orang punya alasan tersendiri. Meskipun demikian, ada juga yang merasa sama sekali tidak punya alasan mengapa suka dengan file pdf. Hanya tertarik saja. Tidak lebih.

Padahal, ada lho kelebihannya jika Anda menyimpan file dengan format pdf. Berikut ini beberapa manfaat file pdf

  1. Bisa Dibuka dengan ngkat Apa Saja

Sekarang ini, device yang paling sering digunakan adalah smartphone. Di smartphone, Anda bisa melakukan hampir apa saja yang dulu hanya bisa Anda lakukan di PC atau laptop.

Coba apa yang sekarang bisa Anda lakukan di smartphone yang dulu hanya bisa di PC. Misalnya saja menulis. Sekarang, sudah ada kan aplikasi word untuk Android. Anda juga bisa membuka file pdf.

Pada dasarnya, pdf itu memang didesain agar bisa dibuka di berbagai perangkat. Apakah Anda tahu apa kepanjangan dari pdf? Ini singkatan dari portable document format. Jadi, artinya itu adalah dokumen yang bisa dibawa ke mana-mana alias bisa dibuka dengan device apa saja.

  1. Menjaga Originalitas

Apakah Anda pernah punya pengalaman mendapatkan file format doc yang berantakan? Padahal setelah Anda tanya kepada pihak pengirim, filenya baik. Sama sekali tidak berantakan.

Kemungkinan besar ada perbedaan versi antara MS. Word komputer Anda dengan komputer orang yang mengirim. Makanya, file menjadi rusak.

Hal semacam itu tidak akan Anda alami jika file disimpan dengan format pdf. File akan terjaga sama seperti sediakala. Tidak ada perubahan. Tidak ada juga kerusakan.

  1. Menjaga Kualitas

Mungkin Anda bekerja di bidang percetakan. Lalu, file biasanya Anda terima melalui email. Misalnya saja file tersebut berupa gambar atau ada bagian yang berwarna. Sebaiknya Anda meminta file tersebtu disimpan dengan format pdf.

Mengapa? Karena jika file disimpan dalam format pdf, kualitas gambar atau warna akan terjaga. Dan ketika dicetak, kualitasnya cenderung sama.

  1. Mudah Didownload

Entah bagaimana, file format pdf itu lebih ringan dan mudah didownload. Maka dari itu, Anda bisa lihat banyak ebook yang dibuat dengan format pdf, bukan? Ini memudahkan orang untuk mendownload ebook tersebut. Sekalipun ebook tersebut terdiri dari ratusan halaman, itu tidak menjadi masalah.

Anda pun tidak perlu khawatir jika Anda ingin menambahkan halaman pada ebook format pdf. Anda bisa menerapkan cara menggabungkan pdf agar menjadi satu file.

  1. Bisa Diproteksi

Pernah punya pengalaman file Anda diubah orang lain? Itu sangat mungkin terjadi jika Anda menyimpannya dalam format doc. Tidak akan terjadi jika Anda simpan dengan format pdf.

Memang file pdf bisa diedit. Namun, Anda bisa membuat password. Dengan demikian, hanya orang yang tahu password yang bisa membuka.

Nah, sekarang Anda sudah tahu beberapa manfaat file pdf. Mungkin setelah ini Anda akan lebih sering menyimpan file di komputer dengan format pdf. Apalagi sekarang semakin mudah untuk menyimpan file di pdf.

Cara Membuat File dengan Format PDF

Bagaimana cara menyimpan file pdf? Mudah sekali. Anda tidak perlu menggunakan software tambahan. Sekarang, ada fitur yang ditambahkan di dalam Ms. Word. Fitur tersebut memungkinan Anda menyimpan file dengan format pdf.

Bagaimana caranya? Sama halnya seperti ketika Anda menyimpan file di Ms. Word. Hanya saja, Anda harus ganti dengan format pdf.

Pertama-tama, klik file lalu export. Setelah itu, akan ada tombol di mana Anda bisa menyimpan file langsung menjadi pdf. Klik dan tunggu beberapa saat. Maka file tersebut akan tersimpan dengan format pdf.

Mudah, bukan?

Itulah manfaat file pdf dan bagaimana menyimpan file pdf. Sekarang Anda tidak perlu takut lagi file Anda rusak ketika Anda simpan atau kirim melalui email. Karena ketika file tersimpan di pdf, maka file akan tersimpan seperti sediakala. Tidak akan ada perubahan. Tidak akan ada yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *