Contoh Soal Tes Potensi Skolastik Penalaran Umum


Pendidikan / Wednesday, December 11th, 2019

Setiap tahun ada tipe soal baru dalam tes potensi skolastik. Tipe soal yang biasa diujikan yaitu tipe pemahaman bacaan dan penalaran umum. Beberapa tipe soal lainnya misalnya saja pengetahuan umum dan pengetahuan kuantitatif. Banyak yang mencari contoh soal tes potensi skolastik untuk latihan sebelum menghadapi soal TPS yang sesungguhnya.

Ada juga yang mencoba mengerjakan soal-soal TryOut UTBK TPS tahun sebelumnya. Semua usaha ini dilakukan agar bisa dengan mudah dan terbiasa mengerjakan tipe soal yang biasa diujikan. Mungkin supaya Anda lebih paham bisa coba juga beberapa soal-soal.

Contoh Soal TPS Topik Penalaran Umum

Sejauh ini narkoba masih terus mengancam penduduk Indonesia. Upaya senantiasa ditingkatkan untuk memberantas narkoba dan HIV/AIDS sejak tahun 2005. Hal ini karena pengguna narkoba senantiasa mengalami peningkatan. Mungkin sudah sama-sama diketahui bahwa pada tahun 1970 pengguna narkoba hanya 130.000 saja.

Pada tahun 2009 kabar pengguna narkoba kenaikan yang terjadi sangat signifikan. Bahwa sebesar 2% penduduk Indonesia hampir dari semua kalangan pernah bersentuhan dengan narkoba. Itu artinya ada peningkatan sebesar 0,5% dari tahun sebelumnya. Melihat hal ini tentu sangat memprihatinkan. Dari data yang ada yaitu sebesar 2% tersebut 40% berasal dari pelajar dan 60% berasal dari penduduk berusia produktif.

Mulanya penduduk yang terdekteksi narkoba ini hanya orang dewasa dengan usia 25 tahun. Beberapa di antara mereka awalnya hanya berasal dari kalangan kelas ekonomi menengah ke atas. Namun dalam perkembangan yang terjadi penduduk kalangan menengah ke bawah dan remaja ikut menjadi pengguna narkoba.

pxhere.com

Tidak berhenti di sini saja bahkan gelandangan pun kian marak yang tercandu narkoba. Kondisi yang seperti sungguh miris dan ironis. Di bawah ini ada gambaran pengguna narkoba pada tahun 2005 – 2007.

Tabel 1. Pengguna Narkoba Pada Tahun 2005 – 2007

Berdasarkan tabel di atas dapat di lihat bahwa pengguna narkoba dari tahun ke tahun senantiasa meningkat. Untuk bisa mengatasinya maka perlu kerjasama dengan dinas terkait dan peran masyarakat sekitar. Tanpa adanya sinergi dari semua lini, maka narkoba tidak bisa diberantas.

  1. Jika dilihat dari paragraf 1, pernyataan di bawah ini manakah yang Benar?
  1. Setiap tahun terjadi peningkatan pengguna narkoba
  2. Pada tahun 2015 Indonesia telah bebas dari HIV/AIDS dan narkoba
  3. Pada tahun 2009, 130.000 orang menggunakan narkoba
  4. 60% penduduk usia produktif pernah menyentuh narkoba
  5. Narkoba belum terlalu mengancam masyarakat Indonesia

Jawaban: A

pxhere.com

Pembahasan:

Sesuai kalimat kedua pada paragraf pertama.

  1. Jika dilihat dari paragraf 3, dalam perkembangan yang terjadi penduduk kalangan menengah ke bawah dan remaja ikut menjadi pengguna narkoba. Manakah simpulan dari kalimat di atas yang PALING MUNGKIN benar?
  1. Narkoba telah memasuki ke sekolah menengah atas swasta
  2. Narkoba telah memasuki ke perkampungan
  3. Narkoba telah memasuki ke perumahan elit
  4. Narkoba telah memasuki ke hiburan mahal dan diskotek
  5. Narkoba telah merambah ke rumah-rumah sakit

Jawaban: B

Pembahasan:

Lingkungan perkampungan adalah salah satu ciri yang mengindikasikan bahwa lingkungan tersebut mayoritas masyarakatnya berada di kalangan kelas menengah ke bawah dan besar kemungkinan di dalamnya ada remaja.

  1. Jika dilihat pada tabel 1, usia berapa yang sangat rentang terjerat narkoba berdasarkan kenaikan lebih dari 50%?
  1. > 29
  2. <16
  3. 20 – 24
  4. 16 – 19
  5. 25 – 29

Jawaban: C

Pembahasan:

Jika melihat tabel di atas maka yang mengalami kenaikan sampai 50% jumlah pengguna narkoba pada usia 20-24. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan pertahun mulai dari 5.503 menjadi 8.383. itu artinya ada selisih sebesar 2.880 yang menandakan lebih dari 50% kenaikannya.

pxhere.com

Tips Menjawab Soal Penalaran Umum

Untuk menjawab soal penalaran umum sebenarnya sangat mudah sekali. Anda cukup membacanya dengan pelan dan pahami isi dari sumber wacana. Jika Anda sudah paham wacana yang diberikan maka semua soal pasti bisa dijawab dengan mudah.

Demikian contoh soal dan sedikit tips dalam menjawab soal penalaran umum. Contoh soal tes potensi skolastik di atas bisa menjadi gambaran seperti apa model soal untuk penalaran umum. Dengan Anda memahaminya maka tidak perlu takut lagi dalam mengerjakan TryOut UTBK TPS maupun uji kemampuan masuk SBMPTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *