Cara Mengedit Foto Instagram Dengan Adobe Lightroom Preset


Pendidikan / Tuesday, December 10th, 2019

Jika Anda ingin menciptakan foto Instagram yang luar biasa kerennya, maka gunakanlah Adobe Lightroom! Tak peduli apakah Anda merupakan fotografer profesional atau pemula, Adobe Lightroom merupakan tool editor yang sangat berguna untuk menghasilkan foto IG yang artistik dan enak dipandang.

Mengapa Anda bisa menciptakan foto Instagram yang kecenya tiada banding dengan Lightroom? Jawabannya sangat simpel, yaitu Lightroom menyediakan berbagai preset. Lewat preset yang disediakan Lightroom, Anda bisa meningkatkan estetika foto dengan mudah dan cepat, tanpa perlu keahlian desain yang terlalu tinggi. Alhasil feed Instagram Anda jadi dipenuhi dengan foto-foto yang sangat bagus. Yuk tak perlu berlama-lama lagi, segera cek cara mengedit foto Instagram dengan Adobe Lightroom preset!

Apa Itu Adobe Lightroom?

Sebelum adanya Adobe Lightroom, manipulasi foto sangatlah terbatas. Banyak orang yang merasa kesulitan dalam memberikan efek manipulasi pada foto. Jadi tentunya dunia membutuhkan software yang mampu memudahkan setiap orang dalam mendesain foto sehingga terlihat lebih bagus. Nah salah satu software editing terbaik yang dapat memanipulasi foto yaitu Adobe Lightroom. Adobe Lightroom atau AL merupakan salah satu produk buatan Adobe.

Jadi jika Anda membeli paket Adobe, maka Anda ‘pun akan mendapatkan Adobe Lightoom ini. Dibanding Adobe Photoshop, Adobe Lightroom ini lebih mudah dipelajari, jadi cocok digunakan bagi siapapun, tak peduli apakah itu pro ataupun pemula.

pixabay.com

Apa Itu Lightroom Preset?

Salah satu kelebihan Adobe Lightroom yaitu adanya preset-preset yang dapat digunakan untuk mendesain foto dengan sangat mudah dan cepat. Lightroom preset ini merupakan tool ‘sekali klik’ yang dapat dengan cepat merubah visual foto. Nah lightroom preset ini seperti filter yang biasa Anda temukan di aplikasi-aplikasi editing foto, namun dengan kontrol yang lebih leluasa dan hasilnya ‘pun jauh lebih bagus.

Nah di bawah ini kami akan membahas cara mengedit foto Instagram dengan Lightroom preset ini. Namun sebelum itu, jika file gambar Anda berukuran kecil, pastikan tingkatkan dulu ukurannya. Cara memperbesar resolusi foto online sangatlah mudah, Anda tinggal mencari website yang menyediakan layanan editor foto.

  1. Pertama tentu buka dulu Adobe Lightroom, lalu buka foto yang ingin Anda edit.
  2. Nah preset-preset bisa Anda temukan pada toolbar ‘Presets’ yang ada di sisi kiri jendela. Anda tinggal mengklik preset yang ingin diaplikasikan pada foto.
  3. Jika Anda memiliki beberapa preset, Anda bisa menempatkan preset diatas preset lain sehingga Anda bisa membandingkan preset mana yang paling cocok.
  4. Meskipun sifatnya ‘sekali klik’, namun tak setiap foto cocok dengan preset, jadi tetap saja Anda mesti mengeditnya agar hasilnya maksimal.
  5. Jadi Anda mesti mengatur exposure, pencahayaan, hingga warna dari foto sehingga output foto jadi lebih keren.
pixabay.com

Elemen-elemen Editing Setelah Mengaplikasikan Lightroom Preset

Setelah Anda mengaplikasikan preset tertentu pada foto, maka Anda bisa mengeditnya lebih jauh dengan mengakses tool ‘Develop’, sehingga visual foto jadi lebih pas. Nah berikut ini adalah beberapa elemen editing yang bisa Anda atur setelah mengaplikasikan Lightroom preset!

  • Tint

Tint merupakan elemen yang secara spesifik memberi atau mengatur warna hijau dan ungu pada foto.

  • Temperature

Elemen satu ini memungkinkan Anda untuk merubah seberapa hangat atau dingin visual foto.

  • Contrast

Lewat opsi contrast, Anda bisa mengatur kontras pada foto, apakah terlalu gelap atau terlalu cerah.

  • Shadows

Lewat elemen shadows, Anda bisa mengatur bayangan atau bagian-bagian gelap pada foto.

  • Highlights
pixabay.com

Nah kebalikan dari shadows, elemen satu ini memungkinkan Anda untuk mengontrol bagian-bagian terang pada foto, misalnya seperti latar berwarna putih. Anda bisa mengatur kecerahan pada foto dengan elemen ini.

  • Vibrance

Nah lewat elemen vibrance, Anda bisa meningkatkan saturasi dari warna-warna muted (mati).

  • Saturations

Lewat elemen satu ini, Anda bisa meningkatkan saturasi pada semua warna yang ada pada foto.

  • Blacks

Lewat elemen black, Anda bisa mengatur setiap bagian berwarna hitam yang ada pada foto. Anda tinggal menggerakan slider ke kiri sehingga warna hitamnya jadi lebih tebal.

  • Whites

Nah ini kebalikan dari elemen black, dimana Anda bisa mengontrol setiap bagian warna putih yang ada pada gambar. Anda tinggal menggerakan slider ke kanan.

 

Nah itulah cara mengedit foto Instagram dengan Adobe Lightroom preset, bagaimana mudah bukan? Jadikan feed IG Anda jadi lebih bernilai dengan Lightroom preset!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *