Inilah Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros


Bisnis / Thursday, November 14th, 2019

Sampai saat ini masih banyak orang yang kebingangan mencari cara mengatur keuangan. Di awal bulan kebanyakan dari kita akan langsung menghabiskan uang gajian untuk membeli keperluan yang tidak penting. Setelah itu, menuju akhir bulan pengeluaran akan susah payah di hemat. Hal ini tentunya akan berdampak buruk di masa depan.

Tidak hanya bagi perorangan hal ini kadang juga banyak terjadi pada orang yang baru memulai bisnis. Kebanyakan pebisnis pemula akan menghabiskan seluruh uangnya untuk memulai usaha. Di situlah pentingnya keberadaan SOP untuk mengatur pengeluaran.

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Berikut adalah beberapa cara mengaturĀ  keuangan yang dapat diterapkan.

  1. Membuat Anggaran Harian

Membuat anggaran harian terkadang sulit dilakukan karena kebiasaan. Namun, hal ini nyatanya sangat mempengaruhi pengeluaran yang dilakukan setiap harinya. Meski terlihat sepele, anggaran harian dapat menghindarkan dari sifat boros.

Tidak hanya menulis anggaran harian, anggaran setiap bulannya juga bisa direncanakan. Caranya tulis terlebih dahulu biaya untuk kebutuhan pokok, seperti bayar tagihan, uang makan, kebutuhan sehari-hari, dan biaya darurat.

Dengan melakukan hal tersebut resiko menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak perlu dapat terhindarkan. Tidak hanya itu, membuat anggaran bulanan dapat menghindarkan dari terlilit utang. Biasakan untuk mematuhi anggaran yang telah ditulis.

stocksnap.io
  1. Hindari Diskon dan Promo Saat Belanja

Promo dan diskon yang ditawarkan pada beberapa penjual memang akan membuat kita dapat berhemat. Namun, hal ini tak jarang justru membuat kita menghabiskan banyak uang untuk kebutuhan yang tidak perlu.

Banyak orang yang justru membeli barang-barang yang saat itu tidak diperlukan karena sedang diskon. Kebanyakan berpikir untuk membelinya saat itu daripada nanti. Padahal hal itu justru membuat pengeluaran semakin membengkak. Apalagi barang yang dibeli tidak sedang dibutuhkan.

Salah satu cara jika ingin berbelanja ketika ada diskon adalah dengan membuat daftar belanja kebutuhan. Hal itu setidaknya dapat mencegah kita dari membeli banyak barang yang tidak berguna.

  1. Buat Laporan Keuangan

Seperti halnya anggaran pengeluaran, laporan keuangan juga sangat penting untuk berhemat. Laporan keuangan dapat membantu untuk mengetahui penggunaan keuangan selama satu bulan. Selain itu, dapat juga digunakan untuk membandingkan apakah pengeluaran yang dilakukan telah sesuai dengan anggaran yang dibuat sebelumnya.

Cara mengatur keuangan dengan membuat laporan keuangan adalah dengan mencatat semua pengeluaran yang dilakukan dalam satu bulan tanpa pengecualian. Hal ini untuk menghindari penggunaan dana yang tidak perlur.

Menyimpan struk belanja juga dapat dilakukan untuk membuat laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan nantinya akan dapat diputuskan bagaimana anggaran kedepannya untuk tetap berhemat.

stocksnap.io
  1. Kontrol Diri dalam Memilih Makanan

Tak sedikit orang yang menghabiskan biaya hidupnya hanya untuk makanan. Bahkan tanpa disadari makanan menjadi salah satu pemicu membengkaknya pengeluaran di akhir bulan. Pola hidup seperti ini biasanya terjadi pada masyarakat di perkotaan.

Banyaknya restoran dan penjaja makanan tentu akan membuat siapa saja tergoda. Apalagi setelah bekerja seharian di kantor. Namun kebiasaan jajan ini harus mulai dikontrol sejak dini. Membeli makanan di restoran tentu lebih mudah daripada masak sendiri.

Namun, pengeluarannya pun jauh lebih banyak dibanding masak di rumah. Usahakan untuk mengatur intensitas makan di restoran atau jajan di luar. Hal itu akan membuat pengeluaran lebih terkendali, khususnya bagi yang masih tinggal di kos. Banyak kos di perkotaan yang sudah menyediakan fasilitas dapur sehingga penghuninya dapat memasak sendiri.

stocksnap.io
  1. Lakukan Investasi Sejak Dini

Cara mengatur keuangan agar tidak boros lainnya adalah dengan melakukan investasi. Saat ini masih banyak orang yang kurang peduli dengan investasi. Padahal investasi penting dilakukan sejak dini. Selain sebagai salah satu cara untuk berhemat, investasi juga bisa menjadi tabungan masa depan.

Berbeda dengan menabung, dana yang telah diinvestasikan tidak bisa diambil kapan saja sesuai keinginan. Investasi ini dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti mengikuti asuransi, membeli emas, dan menjadi investor pada suatu perusahaan.

Kebanyakan orang berpikir investasi membutuhkan dana yang besar. Pada kenyataannya investasi pada perusahaan pun dapat dilakukan dengan modal rendah sesuai dengan SOP perusahaan. JadiĀ  selain menghemat, investasi dapat memberi keuntungan di masa depan.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan yang bisa diterapkan untuk berhemat. Membeli kebutuhan tidak perlu memang sering menjadi ancaman keuangan, tetapi dengan kontrol diri hal ini dapat terhindarkan. Selain itu, dengan menerapkan tips tersebut kalian juga bisa menabung untuk masa depan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *