Asli atau Palsu? Begini Cara Cek Imei Xiaomi Hp Kamu


teknologi / Wednesday, October 30th, 2019

Pada era digital saat ini, samrtphone bukanlah hal baru lagi bagi masyarakat. Bahkan hampir semua orang di Indonesia ini memilikinya. Mulai dari anak-anak hingga orang yang telah lanjut usia. Perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini memang tidak dapat kita elak. Karena kita bagian dari perkembangan itu. Sayangnya, banyaknya smartphone yang beredar di Indonesia ini, membuka peluang pemalsuan.

Untuk mengetahui keaslian handphone ini dapat dilakukan pengecekan pada IMEI. IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan suatu nomor identitas yang sifatnya khusus. Nomor ini dikeluarkan oleh asosiasi GSM/GSMA pada setiap kartu GSM yang dikeluarkan oleh perusahaan handphone. Lantas apa fungsi IMEI ini? Berikut akan kami bahas tentang fungsi IMEI.

Manfaat Imei Pada Handphone Xiaomi

  1. Mengecek Identitas Handphone

Handphone-handphone dengan garansi resmi maka handphone tersebut akan terdaftar secara resmi pula pada perusahaan. Berbeda dengan handphone di pasar gelap atau black market umumnya identitas handphone ini tidak jelas. Karena pada umumnya handphone yang beredar di pasar gelap ini merupakan handphone recondition. Oleh karena itu, untuk mengecek keaslian handphone ini dapat ditelusuri melalui IMEI ini.

pixabay.com
  1. Melacak handphone yang hilang

IMEI merupakan nomor khusus yang pasti telah terdaftar. Oleh karena itu, jika Anda kehilangan handphone Anda, tenang terlebih dahulu. Untuk melacak handphone yang hilang ini, Anda dapat menghubungi provider SIM yang Anda gunakan untuk membantu memblokir nomor dan handphone Anda dengan menggunakan IMEI ini. Bantuan yang diberikan ini akan dapat melacak keberadaan handphone Anda yang hilang dengan mudah.

  1. Mengecek garansi

Handphone yang asli pasti keaslian garansinya pun akan terjamin. Oleh karena itu, jika Anda merasa sangsi dengan garansi yang diberikan handphone, Anda dapat melacaknya melalui IMEI. Informasi yang dijabarkan dalam IMEI ini akan menjelaskan garansi resmi dari suatu handphone yang sedang Anda gunakan dan lisensi resmi pabrik.

Nah, itulah tadi manfaat atau kegunaan nomor IMEI yang disematkan dalam setiap kartu GSM. Oleh karena itu, mengetahui nomor IMEI handphone Anda adalah suatu keharusan. Namun, bagaiamana cara untuk mengetahui hal tersebut? Berikut akan kami bahas tentang cara cek IMEI xiaomi.

Cara Cek IMEI XIAOMI dengan Mudah

  1. Mendial nomor khusus

Untuk mengetahui dan mengecek nomor IMEI pada handphone Android, khususnya xiaomi ini, Anda dapat melakukan panggilan pada nomor khusus. Nomor khusus yang digunakan ini yaitu *#06#. Nomor khusus ini berlaku pada hampir semua merek handphone. Caranya yaitu ketikkan *#06# pada menu panggilan, kemudian klik simbol telepon untuk melakukan panggilan. Berikutnya akan muncul secara otomatis informasi nomor IMEI Anda.

pixabay.com
  1. Pada bagian belakang handphone

Pada setiap handphone pada dasarnya telah dibekali dengan informasi IMEI ini. Hal ini untuk menjamin keaslian handphone tersebut. Nomor IMEI ini dapat diketahui pada bagian belakang handphone. Pada umumnya, dalam bentuk stiker dan diberikan pelindung berupa stiker yang tembus pandang untuk melindungi dari terhapusnya nomor IMEI ini.

  1. Menu pengaturan

Pada dasarnya, nomor IMEI memang telah disematkan dan merupakan bawaan dari handphone tersebut. Oleh karena itu, kita tinggal mencari pada menu-menu yang tersedia pada smartphone tersebut. Umumnya terdapat pada menu pengaturan. Masuk ke menu pengaturan kemudian pilih dan klik tentang handphone. Pada menu ini akan disediakan pilihan menu-menu lainnya yaitu status. Pada menu status inilah akan terlihat informasi tentang nomor IMEI ini.

pixabay.com

Nomor IMEI ini merupakan hal yang amat penting untuk diketahui. Beberapa waktu lalu bahkan Kominfo melalui jajarannya melakukan pemblokiran terhadap handphone-handphone yang tidak memiliki nomor IMEI yang terdaftar. Usaha ini dilakukan untuk mengurangi adanya jual beli handphone pada pasar gelap termasuk handphone dari luar negeri. Oleh karena itu, informasi IMEI ini sangat penting.

Selain untuk memberikan keyakinan keaslian handphone, adalah untuk mengamankan handphone Anda sendiri ketika terjadi kehilangan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui nomor IMEI handphone Anda dan mencatatnya. Cara-cara untuk mengetahui nomor IMEI telah disediakan di atas. Untuk mengetahui penjelasan secara detailnya silakan kunjungi halaman Leskompi.

Pada halaman Leskompi, Anda akan ditunjukkan semua informasi tentang IMEI secara detail dan cara cek IMEI xiaomi secara jelas dan mudah. Oleh karena itu, saat Anda memang sangat membutuhkan untuk segera mengetahui, segera ikuti tutorial cara cek IMEI xiaomi yang ada pada halaman Leskompi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *