Cara Budidaya Tanaman Durian


Budidaya / Friday, April 17th, 2020

Bagi para pecinta tanaman tentu tidak akan luput dari tanaman buah yang satu ini. Tanaman yang dimaksud ialah tanaman durian. Budidaya tanaman ini akan sangat menguntungkan, sebab banyaknya para pecinta durian. Buah yang termasuk dalam ketegori musiman ini selalu menarik perhatian.

Tidak hanya aromanya yang khas, tetapi daging buah yang empuk dan rasanya yang legit. Dalam budidaya durian, ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Dengan demikian maka hasil yang didapat nantinya akan sesuai dengan harapan. Berikut cara budidaya tanaman durian yang baik dan benar, diantaranya yaitu:

  1. Pemilihan bibit unggul

Dalam memilih bibit unggul tanaman durian, dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti vegetatif maupin generatif. Untuk vegetatif sendiri, Anda dapat memperolehnya melalui toko tanaman yang telah terpercaya. Secara genetratif dengan memilih bibit unggul yang berasal dari biji atau pohon yang berbuah bagus.

  1. Pengolahan lahan

Selain pemilihan bibit unggul, pengolahan lahan juga akan sangat menentukan kualitas tanaman nantinya. Dimulai dari pembersihan dari tanaman liar ataupun gulma.

  1. Penanaman bibit

Budidaya tanaman durian yang selanjutnya yaitu penanaman bibit. Penanaman bibit dimulai dari penggemboran tanah dan juga pembuatan lubang. Pastikan antara lubang yang satu dengan yang lainnya memiliki jarak yang jauh sehingga tidak berebut nutrisi. Kemudian sinar matahari haruslah masuk pada lahan.

Penanaman dilakukan dengan cara meletakan tanaman secara tegak sehingga hasilnya nanti akan lurus. Alangkah lebih baik jika menanam di musim hujan, sebab tanaman durian akan sangat membutukan banyak kadar air.

  1. Pemeliharaan dan Pemupukan

Tanaman sebaiknya disiram setiap hari pada waktu yang tepat antara pagi ataupun sore hari. Dengan demikian tidak menjadi layu. Selain itu, gunakanlah pupuk kandang agar menyerap tanah dengan sempurna. Untuk perawatan setidaknya seminggu sekali lahan dibersihkan dari rumput liar atau hama yang mengganggu.

Demikian penjelasan mengenai budidaya tanaman durian. Hal tersebut diharapkan mampu menjaga kualitas durian agar buah yang dihasilkan sempurna. Para penggemarnyapun tidak akan merasakan kekecewaan mengingat durian salah satu buah favorit masyarakat Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *