Tips Belajar Islam dari Akun-akun Dakwah Instagram


Islam / Tuesday, January 7th, 2020

Belajar tidak harus dilakukan di sekolah formal. Kamu bisa belajar dimana saja selama kamu punya keinginan untuk belajar, termasuk belajar agama Islam. Apalagi di jaman sekarang saat kamu bisa mendapatkan informasi apapun dengan mudah melalui internet. Belajar bisa dilakukan dimanapun meski hanya berbekal koneksi internet dan perangkat elektronik.

Meski begitu, kita dihadapkan pada dilema. Kita dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dengan mudah hanya dengan koneksi internet, namun kita juga menjadi rentan terhadap informasi yang tidak benar. Pasalnya, informasi di internet bisa datang dari siapa saja baik dari orang yang benar-benar ahli dibidangnya maupun orang yang tidak.

Karena itulah kita harus meningkatkan kewaspadaan dan harus selalu sedia ‘filter’ untuk menyaring informasi yang ada. Dengan begitu, kita bisa memastikan bahwa informasi yang didapatkan benar-benar informasi yang dapat dipercaya.

pexels.com

Saat kamu ingin belajar untuk mendalami agama Islam tapi kamu merasa tak punya waktu untuk mengaji pada tokoh agama setempat, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tidak harus belajar agama Islam di lembaga atau sekolah formal maupun pondok pesantren. Kepopuleran media sosial membuat kamu bisa belajar agama Islam dari media sosial, contohnya instagram.

Instagram adalah media sosial populer yang memungkinkan kamu untuk mengakses foto maupun video yang diunggah orang lain. Karena itulah instagram banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan mulai dari hiburan, pembelajaran bahkan untuk berbisnis.

Kamu pun bisa dengan mudah belajar Islam dari akun-akun dakwah Instagram. Caranya adalah dengan mengikuti atau follow akun-akun dakwah agama Islam yang ada di Instagram. Meski begitu, kamu tetap harus selektif dalam memilih akun dakwah untuk belajar agama Islam. Berikut tips bagi kamu yang ingin belajar agama Islam dari akun dakwah instagram.

  1. Pilih akun milik tokoh agama terpercaya

Sulit untuk memastikan kebenaran segala sesuatu yang beredar di internet di jaman sekarang. Maraknya berita palsu atau hoax menuntut kita untuk bersikap selektif dan aktif dalam memastikan kebenaran suatu berita. Meski begitu, kamu tak perlu bingung dalam menentukan akun dakwah mana yang harus kamu folow.

Kalau kamu tak ingin bingung dalam menentukan akun dakwah mana yang harus kamu follow di instagram, kamu bisa memfollow akun official dari acara dakwah islami yang muncul di stasiun TV. Selain itu, kamu juga bisa memfollow akun instagram milik tokoh agama yang penting dan berpengaruh yang biasa muncul di TV atau internet.

Dengan begitu, kamu bisa yakin bahwa pemilik akun instagram tersebut memang bisa kamu percaya. Kamu pun bisa belajar agama Islam dengan tenang tanpa mengkhawatirkan tentang berita palsu karena sumber akun dakwah yang terpercaya tersebut.

pexels.com
  1. Belajar dari video

Setelah memfollow akun-akun dakwah yang terpercaya, kamu bisa mulai belajar Islam dari akun-akun dakwah instagram tersebut. Kamu bisa belajar dari berbagai postingan yang diupload oleh pemilik akun baik yang berupa foto maupun video.

Meski begitu, belajar agama dari video pasti lebih mudah karena video yang diupload pasti menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami. Berbeda dengan bahasa lisan yang biasa digunakan dalam video dakwah, bahasa tulisan yang berupa hadist misalnya perlu ditafsirkan terlebih dahulu oleh orang-orang yang menguasai ilmu tafsir.

Karena itulah belajar dari video yang diupload di akun-akun dakwah instagram sangat disarankan bagi kamu. Jika perlu, kamu bisa download video dakwah tersebut untuk kamu pelajari. Cara download video instagram tersebut sangat mudah bisa menggunakan aplikasi atau melalui website pengunduh video.

  1. Banyak bertanya

Tidak hanya belajar agama Islam dari video dakwah dengan cara download video instagram tersebut, kamu juga perlu melakukan apa yang harus kamu lakukan sebagai pelajar yaitu harus aktif. Saat belajar agama Islam melalui media sosial seperti akun-akun dakwah instagram, kamu harus menjadi pribadi yang aktif dan banyak bertanya.

Sering-seringlah bertanya melalui akun-akun dakwah instagram tersebut jika ada sesuatu yang tidak kamu pahami atau tidak kamu mengerti. Pasalnya, belajar secara langsung dengan bertatap muka berbeda dengan belajar secara online dimana kamu tidak bisa bertanya secara langsung.

Ada banyak hal yang terkadang tidak bisa kamu tangkap saat belajar hanya dengan melihat video. Bisa saja apa yang dimaksud oleh pendakwah dalam video berbeda dengan apa yang kamu tangkap dan kamu pahami. Karena itulah kamu harus aktif bertanya.

Jika jawaban yang kamu dapatkan dari akun-akun dakwah instagram belum membuatmu merasa puas, kamu bisa bertanya secara langsung dengan tokoh agama yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Dengan begitu, kamu bisa merasa tenang dan lebih yakin bahwa apa yang kamu pelajari memang benar sesuai dengan syariat agama Islam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *