Mengenal Kegunaan Satu Persatu Tools Di Aplikasi VSCO


teknologi / Monday, January 20th, 2020

Bagi Anda yang memiliki hoby fotografi dan photo editing pastinya sudah sangat familiar dengan yang namanya aplikasi VSCO. Salah satu aplikasi edit foto yang memang saat ini sangat populer. Menariknya lagi aplikasi edit foto VSCO kini sudah tersedia di Google Playstore dan App Store.

Artinya VSCO ini bisa dengan bebas dinikmati oleh para pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah kenapa aplikasi Photo Editing ini menjadi sangat populer untuk saat ini? Terlebih lagi untuk para pengguna smartphone?

Pastinya hal tersebut berkaitan dengan tools yang ada pada aplikasi VCSO itu sendiri. Untuk itu agar lebih familiar lagi dengan aplikasi ini, tidak ada salahnya untuk mengupas satu persatu tools apa saja yang ada pada VSCO.

Import Gambar ke VSCO

pexels.com

Pada saat Anda menggunakan kamera bawaan dari VSCO saat mengambil gambar, secara otomatis gambarnya akan tersimpan ke library. Namun lain hal jika kamera yang digunakan bukan kamera bawaan VSCO, Anda diharuskan untuk meng-import gambar secara manual ke dalam VSCO supaya bisa diedit.

Cara meng-import gambar pun cukup mudah. Anda tinggal mengklik simbol +. Nantinya setelah gambar berhasil di-import ke library barulah gambar atau foto tersebut bisa diedit. Sebelum mengedit, jangan lupa untuk pilih ikon obeng dan kuas yang ada di posisi paling kiri.

Preset Filter VSCO

Apa fungsi preset filter pada aplikasi VSCO? Setelah Anda memilih ikon obeng dan kuas tadi, Anda akan dibawa masuk pada preset filter. Salah satu alasan kenapa banyak yang memilih aplikasi edit foto bernama VSCO ini karena memiliki banyak pilihan filter yang tersedia.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak selamanya memakai filter dengan full strenght mampu menghasilkan efek gambar yang indah. Artinya ada suatu momen Anda diharuskan untuk menambah atau mengurangi strength filter pada gambar yang ingin diedit.

Sebenarnya tidak ada bedanya pada saat Anda memilih paket internet. Ada kalanya paket internet yang dikatakan murah justru tampak mahal jika digunakan untuk kegiatan tertentu. Misalnya saja untuk menonton film atau serial TV.

Oleh sebab itu cukup banyak operator telekomunikasi yang lantas menawarkan promo paket internet khusus semacam ini. Salah satu contoh terdekatnya adalah paket internet khusus dari Telkomsel bernama Videomax.

Panel Editing VSCO

pexels.com

Setelah menyelesaikan urusan dengan preset filter, artinya jika Anda menginginkan gambar yang ingin diedit tanpa efek atau filter maka aplikasi ini masih menyediakan pilihan tools lain untuk membuat gambar lebih bagus lagi.

Dalam hal ini Anda bisa langsung ke panel editing. Di dalam tools ini dikenal menyediakan beberapa pilihan photos editing yang cukup beragam. Dan agar lebih jelas lagi, di bawah ini adalah beberapa pilihan editing pada panel editing yang bisa dipilih.

  1. Exposure

Secara fungsi, exposure ini berfungsi untuk mengatur pencahayaan pada gambar. Selain itu, fungsi dari fitur bernama exposure ini adalah memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pencahayaan pada gambar Anda. Artinya fitur ini memiliki fungsi utama untuk menyempurnakan pencahayaan.

  1. Contrast

Fitur contrast ini berfungsi untuk menyempurnakan efek kontras pada gambar yang ingin diedit.

  1. Straighten or Rotote

Straighten or Rotote ini memiliki fungsi untuk meluruskan atau memutar rotasi gambar.

  1. Crop Tool

Pada crop tool ini tersedia banyak pilihan rasio yang akan Anda gunakan untuk meng-crop atau memotong gambar.

  1. Sharpen

Sharpen ini sederhananya merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk mempertajam gambar.

Selain lima di atas, sebenarnya masih cukup banyak lagi fitur yang tersedia pada panel editing pada aplikasi VSCO. Misalnya saja seperti Saturation, Highlight Save, Shadow Save, Temerature, Tint, Skin Tone, Vignette, Grain, Fade, Shadow Tint, Hightlight Tint, Undo & Restore, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di atas tadi sebenarnya merupakan ulasan sangat singkat terkait dengan aplikasi VSCO. Sebab masih banyak lagi fitur yang ada di VSCO yang bisa di-explore sendiri. Namun dengan catatan Anda harus memahami dasar-dasar yang ada terlebih dahulu. Sehingga pada akhirnya Anda bisa mengkreasikan gambar yang diedit menjadi semakin memiliki nilai estetis.

Tetapi jika Anda masih bingung dalam mengkombinasikan filter VSCO, jangan khawatir. Pasalnya di Internet banyak sekali yang membagikan rumus kombinasi filter dan editing pada aplikasi VSCO tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *