Apakah yang Dimaksud dengan Tanggung Jawab


Umum / Saturday, December 7th, 2019

Setiap orang harus bisa bertanggung jawab atas semua tindakan yang sudah dilakukan. Hal ini adalah kata kata bijak yang sering kita dengar. Meski demikian banyak sekali orang yang belum bisa melakukan tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan hal yang mudah untuk di ucapkan namun susah untuk dilakukan. Lalu apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab?

Definisi dan Penjelasan Mengenai Tanggung Jawab

Definisi tanggung jawab adalah sikap siap menanggung apapun akibat dari hal yang telah dilakukan. Ini yang membuat tanggung jawab susah untuk dilakukan. Karena tidak semua akibat yang muncul dari perbuatan merupakan akibat yang baik. Sehingga kadang orang tak mau bertanggung jawab jika mengalami akibat yang buruk. Ini yang membuat pentingnya asa tanggung jawab harus dimiliki semua orang. bentuk tanggung jawab juga ada beberapa jenis.

Bentuk bentuk dari Tanggung Jawab

  1. Tanggung Jawab Personal

Yang pertama adalah bentuk tanggung jawab ke diri sendiri. Bentuk tanggung jawab ini adalah hal dasar dari segala jenis tanggung jawab. Karena semua orang harus bisa melakukan kewajibannya dan juga mengembangkan potensi diri sendiri. Ini adalah bentuk tanggung jawab yang paling mudah dilakukan karena tidak berhubungan dengan orang lain.

  1. Tanggung Jawab Pada Tuhan

Bentuk tanggung jawab yang kedua adalah tanggung jawab kepada tuhan. Sebagai manusia beragama yang percaya bahwa dirinya tercipta karena kehendak tuhan. Tentu anda harus melakukan tanggung jawab keapda tuhan. Salah satunya tentu adalah melakukan ibadah yang sudah diwajibkan di agama tersebut.

  1. Tanggung Jawab Pada Keluarga

Selanjutnya adalah bentuk tanggung jawab kepada keluarga.  Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab di masyrakat namun dengan skala yang lebih kecil. Setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab  terhdapa keluarga. Salah satunya adalah dengan mentaati aturan yang sudah ada dalam keluarga tersebut. berbicara mengenai tanggung jawab keluarga pasti berhubungan dengan tanggung jawab di masyarakat. Ini dikarenakan keluarga merupakan bagian dari masyarakat. Bertanggung jawab di masyarakat tentu anda harus bisa menjaga keharmonisan di masyarakat. Menjaga kedamaian aturan di masyarakat bisa dilakukan dengan mentaati aturan yang sudah dibuat di masyarakat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *