Apa Nama Latin Capung?


Umum / Wednesday, May 13th, 2020

 

Capung merupakan salah satu jenis serangga yang sering disebut juga sebagai sibar-sibar. Capung ini merupakan salah satu bangsa odonata. Selain capung ada juga jenis capung jarum yang juga masuk ke dalam bangsa Zygoptera. Dalam bahasa Jawa capung ini sering disebut sebagai kinjeng. Sedangkan dalam bahasa ilmiah capung disebut sebagai anisoptera. Sedangkan capung jarum sendiri dalam bahasa ilmiah disebut sebagai zygoptera. Keduanya sangat suka berdekatan dengan air. Bahkan ketika mereka ingin bertelur maka tempatnya tidak akan jauh-jauh dari air atau bahkan di air. Mereka juga akan menghidupi anaknya di tempat yang dekat dengan air tersebut.

Jika Anda bingung untuk membedakan capung yang subordo anisoptera dan juga capung jarum yang subordo zygoptera dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Capung yang umum biasa kita lihat itu relatifnya memiliki bentuk tubuh yang besar. Ketika hinggap di suatu tempat capung juga biasanya akan tetap membuka sayapnya atau bisa juga dengan terbang dalam posisi menyamping. Sedangkan untuk capung jarum sendiri bentuk ukuran tubuhnya relatif lebih kecil. Dan ketika hinggap di suatu tempat juga akan menempatkan posisi sayapnya tertutup dengan posisinya yang tegak dan juga menyatu pada tubuh capung jarum sendiri. Capung jarum juga memiliki suatu abdomen yang kurus sehingga dari inilah disebut capung jarum karena kurus seperti jarum.Habitat dari capung dan capung jarum ini juga menyebar di berbagai tempat. Seperti contohnya yaitu di sawah ataupun kebun. Kemudian di perairan seperti sungai dan juga danau. Selain itu di hutan-hutan juga banyak ditemukan. Dan tidak menutup kemungkinan di pekarangan rumah Anda ataupun di ruang lingkup perkantoran juga tetap ditemukan capung dan capung jarum ini.

Siklus hidup yang dimiliki oleh capung ini yaitu bermula dari telur. Setelah menetas mereka akan menjadi dewasa dan mati setelah itu. Umur yang dimiliki biasanya berkisar antara 6 bulan sampai dengan 6 sampai 7 tahun. Biasanya capung akan menetaskan telur-telur mereka pada tumbuhan-tumbuhan yang berada di air ataupun di sekitar air tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *