Sudah Tau Apa Itu Hosting ? Simak Ulasannya Disini


teknologi / Sunday, February 2nd, 2020

Melihat tingkat perkembangan website yang cukup pesat, membuat sebagian orang tertarik untuk mendalami dunia satu ini. Sebelum menyelami dunia website, ada baiknya untuk mengenal beberapa istilah yang digunakan. Sebab banyak sekali pengguna baru yang tidak mengerti istilah sederhana seperti hosting. Pertanyaan yang sering diajukan seperti apa itu hosting ? Ingin mengetahuinya lebih dalam ? Simak ulasan berikut.

Memahami Arti Hosting

pexels.com

Hosting dapat dikatakan sebagai wadah untuk menyimpan segala bentuk data, yang berada di dalam website. Bentuk data yang tersimpan pun cukup beragam, dengan ukuran yang berbeda pula. Mulai dari gambar, video, script, tulisan, dan berbagai data lainnya. Tanpa adanya hosting, semua data yang tersimpan dalam web tidak bisa ditampilan. Ketika data tidak tersimpan, tentu saja pengunjung tidak bisa mengaksesnya.

Alur kerja yang dimiliki hosting sebenarnya cukup mudah, namun masih banyak yang belum memahaminya. Contohnya ketika para pengunjung ingin membuka website anda, mereka diharuskan untuk mengetik alamat domain websitenya. Dengan adanya domain tersebut, mereka akan dituntun menuju hosting yang telah dibangun pada website. Apabila hosting tersebut tidak tersimpan, bagaimana pengunjung bisa mengunjungi web anda ?

Setiap komponen website saling terhubung satu sama lain. Jika diumpamakan hosting berperan sebagai beberapa petak tanah, dan websitenya menjadi sebuah rumah hunian yang dibangun di atas petakan tanah tersebut. Lalu bagaimana dengan domain ? Domain disini dapat diumpakan sebagai alamat yang berfungsi untuk mengantarkan seseorang menuju hunian anda. Dengan perumpamaan tersebut, diharapkan tidak ada pertanyaan apa itu hosting kembali.

Berbagai Macam Hosting

pexels.com

Dibagi menjadi beberapa jenis, layanan penyedia web hosting menawarkan berbagai jenis hosting yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pembangian jenisnya sendiri, dilandasi dari kebutuhan para penggunanya yang berbeda. Ada yang hanya membutuhkan satu hosting saja untuk satu website, namun adapula yang menggunakan satu hosting untuk beramai ramai dan sebagainya. Agar lebih mudah memahaminya, silahkan melihat ulasan berikut.

Decicate Hosting (rumah pribadi), menjadi jenis hosting pertama yang harus dikenali. Sesuai dengan sebutannya, hosting satu ini hanya digunakan oleh satu pengguna saja. Pada umumnya para pengguna decicate hosting, memiliki website dengan jumlah traffic yang cukup tinggi seperti sistem untuk internal perusahaan ataupun e commerce. Sebab mereka membutuhkan hosting khusu, yang bisa disesuaikan sesuka hati.

Para  pengguna decicate  hosting akan mendapatkan sejumlah keuntungan, yang diinginkan oleh beberapa pengguna lainnya. Keuntungan tersebut berupa sumber daya yang luas nan bebas digunakan, lantaran dikelola khusus satu pengguna. Pengguna hosting satu ini juga tidak dibuat kerepotan dengan adanya server virtual, karena sudah diatur secara otomatis oleh penyedia jasa. Dengan kelebihannya tersebut, diharapkan digunakan semaksimal mungkin.

Bagi anda yang ingin mengenal apa itu hosting luas dan tanpa ribet, bisa memilih jenis hosting satu ini sebagai rekomendasi tepat. Namun pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara agar hosting dapat digunakan secara efektif ? Sebenarnya segala jenis website dapat digunakan pada jenis hosting satu ini. Hanya saja akan lebih efektif, bila hosting ini digunakan untuk website besar seperto e commerce ataupun marketplace.

Shared Hosting (rumah kontrakan), menjadi hosting yang paling populer digunakan. Hosting satu ini berseberangan dengan decicate hosting, karena satu hosting akan dibagi bagikan ke beberapa website. Dimana prinsip utamanya, yaitu satu server nantinya dibagi ke beberapa penggguna lain. Maksud dari pembagian tersebut, agar semua pengguna sama sama menggunakan hosting tersebut.

Satu hosting yang digunakan bersama, biaya yang dikeluarkan pun relatif murah. Sebab sistem pembayarannya, serupa dengan sistem pembayaran rumah kontrakan. Apabila menyewanya sendirian, ada kemungkinan biaya yang dikeluarkan cukup terasa. Namun lain cerita bila pembayaran dilakukan patungan dengan pembagian rata, tentu saja meringankan dana yang dikeluarkan. Kondisi tersebut juga berlaku bagi pengguna yang menggunakan share hosting.

Anda perlu mengenal apa itu hosting murah seperti share hosting, agar tidak membuat kantong kering. Pada umumnya, shared hosting banyak digunakan oleh para blogger ataupun situs web yang berbentuk portofolio. Melihat dari keuntungan tersebut, jenis hosting ini memang lebih cocok digunakan bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha kecil kecilan maupun blogger sederhana.

Bagi anda yang merasa harga dedicated terlalu tinggi namun ingin memiliki hosting pribadi, bisa memilih VPS hosting (tempat kos). Jenis hosting satu ini, letaknya berada di antara dedicated hosting dan shared hosting. Dapat diibaratkan demikian, lantaran bentuknya yang seperti rumah kos. Sebab di rumah kos sendiri, memiliki beberapa kamar yang bisa disewakan. Ketika anda menyewa VPS hosting, dapat diumpakan seperti menyewa salah satu kamar kos yang tersedia.

Hanya menyewa sebagian kecil dari besarnya bangunan yang ada, membuat penggunanya mengenal apa itu hosting murah. Yang membedakan antara shared hosting dengan VPS hosting, terletak dari konfigurasinya. Dengan menggunakan VPS hosting, anda bisa mengatur pembagian sumber daya yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Karena mengatur pembagiannya sendiri, penggunanya harus paham betul mengenai VPS.

Pada umumnya jenis hosting satu ini, banyak digunakan oleh para blogger ataupun pengusaha menengah. Dimana golongan tersebut biasanya berpindah menggunakan jenis hosting ini, lantaran sudah memiliki trafik tinggi yang dirasa tidak bisa ditangani shared hosting. Ada baiknya sebelum melakukan migrasi menuju VPS hosting, untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

Cloud hosting ( juragan rumah), menjadi jenis hosting terakhir yang harus dipahami. Jenis hosting satu ini, tampaknya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna hosting. Ketenarannya dalam beberapa waktu belakangan, dikarenakan keunggulannya yang lebih jarang down daripada jenis hosting lainnya. Alasan cloud hosting jarang mengalami  down, karena website telah disimpan di beberapa server virutal.

Dengan penyimpanan di beberapa server, anda tidak akan mengenal apa itu hosting bermasalah. Apabila satu server mati atau tidak bisa diakses, masih banyak pilihan lainnya yang bisa menghidupkan website tersebut. Banyaknya server yang digunakan, bisa diumpamakan seperti banyaknya rumah yang dimiliki. Ketika satu rumah mengalami kerusakan, anda masih bisa menempati hunian lainnya untuk berlindung.

Menjadi wadah untuk menyimpan segala data yang ada di dalam website, mengharuskan penggunanya untuk memilih layanan hosting tepat.  Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya untuk melakukan beberapa survei terlebih dahulu. Dari banyaknya layanan hosting yang ada, anda bisa menggunakan Niagahosting. Selain karena keunggulannya, anda juga bisa mendapatkan kode kupon Niagahoster untuk mendapatkan potongan harga menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *